SOCIAL MEDIA

APPdate : Wattpad - Bring your favorite story!

15/04/2016

Quick Disclaimer -
APPdate : Salah satu series di blog ini yang bercerita tentang aplikasi smartphone/pc/apa saja yang belakangan ini aku suka atau yang lagi hype!


Halo! Greetings!

Aku bukan geek banget yang suka baca buku seharian sampe lupa waktu. But I do like reading books. Genre buku favorit aku fiksi, dan yang lagi best seller di toko-toko buku gitu. Aku suka banget sama Authornya The Hunger Games Series : Suzanne Collins kurang lebih karena aku suka yang dia tulis di series The Hunger Games. Dan salah satu Author favorit aku adalah J.K. Rowling yang nulis 7 series Harry Potter. Kenapa aku suka? karena cerita yang di buku bisa bikin aku berimajinasi lebih tinggi. Perasaannya beda kalo nonton filmnya hehew.

Author Indonesia favorit aku ada Lexie Xu yang nulis buku Johan Series, dan Ilana Tan yang nulis tetralogi empat musim dan salah satu bukunya yang udah dijadiin film yaitu "Sunshine Becomes You". Aku suka buku mereka karena ceritanya ga sederhana dan lagi lagi bikin aku berimajinasi lebih. Kalo kalian belom pernah baca buku dari author yang aku sebutin ini, cuss ke toko buku dan beli bukunya!

Oke, sekian Intermezzo nya!
 
Jadi, sekitar 1 bulan yang lalu, kakak sepupu aku dateng ke Bandung. Dia lagi liburan gitu terus nginep di kosan aku selama 1hari 1malam. Dialah orang yang memperkenalkan aku dengan aplikasi Wattpad ini. Karena aku penasaran akhirnya lah aku download aplikasi nya.

Wattpad : Gambar dari gadget aku nih yah!
Pas aku buka, umum banget disuruh registrasi buat akun, dan lain-lain. Aku memang excited banget buat nyobain aplikasi ini, karena akhirnya aku bisa baca buku tanpa harus beli fisiknya. Ok, I have an expectation. I expect this app give me the original book that I'm dying to read. 

Registrasinya gampang kok, kaya registrasi akun-akun socmed lain aja. Terus masuklah ke dashboard aplikasi ini. Aku langsung cari buku yang pengen aku baca yaitu bukunya Dan Brown yang Inferno. Eh tapi, pas aku ketik kok ga ada. Kecewa. Karena ga sesuai ekspektasi aku.

Ternyata aplikasi Wattpad ini memberikan kita akses untuk membaca "cerita" yang ditulis oleh author yang notabene adalah user wattpad. Yaps! Jadi kalo kita punya akun, kita punya 2 pilihan : sebagai user yang baca cerita, dan sebagai user yang menulis cerita.

You can write your own story here!


Tampilan Dashboard "Home"
Aku akhirnya sebagai "user yang membaca cerita". Cerita di Wattpad ini pun dibuat oleh semua user dari seluruh dunia. Jadi, kita mau baca cerita dengan bahasa Indonesia kita tinggal ganti aja bahasa di Wattpad ini. Sayangnya, aku gasuka baca cerita bahasa Indonesia yang ditulis di Wattpad ini. Tulisannya belum profesional dan masih banyak typo nya. Eits, jangan salah disini typo nya bisa banyak banget, karena ga ada proses editing. Jadilah, aku move on baca cerita dengan bahasa inggris, sembari belajar vocabulary dan lain-lain haha.

Ini "Libarary" aku, cerita yang lagi aku baca dan mau aku baca!

Kita juga bisa save cerita yang lagi kita baca di library. Hebatnya lagi di wattpad ini bisa ketauan berapa banyak user yang sedang membaca cerita tersebut. Bahkan pembacanya bisa sampe jutaan orang loh! Kalo pembacanya udah sebanyak itu, berarti cerita itu emang worth to read. Cerita yang sekarang lagi aku baca itu dari Claudia Tan yang Perfect Redemption, ini termasuk "Perfect Series" dan Perfect Redemption ini cerita ketiganya. Ceritanya Claudia sampe masuk Watty's Award dan pembacanya banyak bangeeeet! Sayangnya yang Perfect Redemption ini belom habis ceritanya, chapternya masih bersambung hehew.

Kategori bacaan apa aja!

Kita juga bisa milih kita mau baca cerita yang seperti apa. Action, Fanfiction (buat fandom-fandom hehe) sampe fantasy. Jadi ga terbatas banget bacaan kita.

See! Kalian bisa ganti cerita kalian sesuai bahasa loh

Kategori favorit aku saat ini masih cheeklit sama romance, a girl imagination is just too wild!

Jadi, kesimpulannya aku suka sama aplikasi ini, hanya saja ga sesuai harapan di awal. But, it's okay. Karena cerita yang ditulis sama author wattpad pun ga kalah menarik.

Kalo kalian mau memulai baca cerita di wattpad dan ga masalah baca cerita yang berbahasa inggris, aku rekomendasiin baca cerita Claudia Tan dijamin kalian pasti senyam senyum dan ketagihan bacanya!

Gimana? Tertarik buat mencoba? Aplikasinya free kok tersedia di App Store dan Play Store!
Happy Reading!

See You All, Xo!

2 comments :

  1. wah aku juga kadang suka baca cerita di wattpad, kalau lagi kehabisan bacaan. eh iya, udah pernah nyobain aplikasi iJakarta? disitu bisa minjem ebook gratis, lumayan lengkap koleksinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ada temennya hehehe. Okee next aku coba iJakarta. Thankyou udah mampir ke blog ku :)

      Delete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills