SOCIAL MEDIA

Lebaran-nya Anak Ambon!

26/07/2016

What a wonderful year. 

Tradisi foto setelah silaturahmi

Liburan paling asik dan seru cuma libur lebaran. Serius! Buat anak rantau kaya aku, bulan-bulan mendekati puasa yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi kalo jarak rumah dari tempat rantau jauhnya ga nahan.


Selain ga sabar ketemu keluarga, ga sabar juga ketemu temen-temen yang cuma bisa ketemu "kadang" setahun sekali. Itulah kenapa ada trend "Buka Bareng". Ga hanya keluarga dan temen loh, favorite spot in our city juga jadi alasan kenapa kita kangen pulang pas lebaran.

Pretty much this story about my ied fitr story. 

Foto sendiri, biar asik.


Mudik 

Oke, jadi aku dari Bandung mau ke Ambon. Tapi rute aku jadinya, Bandung-Bekasi-Ambon. Kenapa ke bekasi? Namanya juga mau lebaran, ya belanja dong. Etapi bukan di Bekasi ya, di Jakarta tepatnya. Tips : belanja baju lebaran mending H-30 sebelum lebaran IYKWIM.  Setelah wara-wiri, kesana-kemari, la la la ye ye ye, akhirnya pulang juga. Rutenya, Bekasi-Bandara Soeta-Ambon. Alhamdulillah, perjalanannya lancar.


Puasa

Sampe di rumah, langsung kangen banget sama suasana rumahnya, FYI aku udah ga pulang ke Ambon sekitar 1 tahun. Ga pernah selama itu di rantauan. Tapi yaudalah, akhirnya terobati juga kan. Alhamdulillah bisa ngerasain puasa di rumah, yang dikangenin ituloh : nyiapin makanan buka, sholat berjamaah, sampe nyuci piring *maklumin anak cewe*.

Tau ga tradisi di Ambon yang pasti dikangenin siapapun? Hunting makanan buka. Iya. Di Ambon, ga susah nyari makanan buka, dimana-mana ada, apa aja ada. Alhamdulillah, berbuka di Ambon ga pernah ngecewain.


Sebelum Lebaran

Hm, Tradisi lain di rumah yang pasti ngangenin adalah masak bareng mama, bersih-bersih rumah bareng, takbiran keliling "ga" bareng. H-1 sebelum lebaran, pasti mama udah riweuh sama belanjaan, nyiapin ini itu, numis ini itu. H-1 sebelum lebaran, mama udah nyuruh ini itu, pasang ini itu. Hm. Capek, iya. Tapi cuma setahun sekali momennya, sayang banget kalo dilewatin. 

Ada juga takbiran keliling, yang satu ini gapernah dilewatin oleh siapapun. Yang paling menonjol dan jadi ikon takbiran keliling adalah : konvoi motor, kumpulan anak kompleks berbaju seragam, berisiknya petasan. Semoga bisa ngebayangin gimana ramenya.


Lebaran

The Day. Aku sama keluarga tradisinya, sholat ied-silaturahmi-makan-silaturahmi lagi. Silaturahmi yang paling penting di keluarga aku. Apalagi banyak banget sodaranya yang harus dikunjungi. Tapi, banyak sodara, banyak makanan, "ga" banyak THR. THR? Untuk aku, yang notabene udah sarjana, saluran THRnya udah agak mampet.  So sad.

Enaknya makanan lebaran, setelah lebaran.

Parent.

Sibling.


Pasca Lebaran

Momennya masih lebaran, tapi hari pertamanya udah lewat. Hari kedua/ketiga biasanya sama temen-temen, ngunjungin keluarga yang belom sempet dikunjungin, daaaaaan piknik! Jangan salah, momen lebaran di Ambon bakal berasa sampe 7 hari lebaran berlangsung. Ada aja yang bisa dilakuin deh.

Aku sama keluarga memilih untuk ber-piknik-ria di spot wisata yang lagi nge-trend. Momen sama keluarga yang kaya gini yang gabisa dilewatin kalo udah pulang ke kampung halaman. Dapet ramenya, serunya, yang paling penting momennya, karena selama apapun kehidupan berlangsung, momen yang paling kita kangenin.



Aku anak rantau, ini cerita lebaran asyik-ku. 
Kutunggu punyamu.

CERIA ala Anak Rantau


Thanks for Reading, 

Xo, Rani.

**************************************************************************

Calling all hijaber enthusiast to join us, 

Event:  Hari Hijaber Nasional
Date : 07 Agustus 2016 - 08 Agustus 2016
Location : Majsid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Save the date!!

 

4 comments :

  1. wuih, apa itu nama spot fave nya ? keren bgt, bersihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Lobang Buaya Desa Morela, bisa search di gugel atau instagram :) Masih bersih Alhamdulillah soalnya belom terlalu komersil hehe

      Delete
  2. Wah mba dari Ambon yah, salam kenal ya

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills