SOCIAL MEDIA

Yuk Ganti Akun Instagram ke Business Account!

31/08/2016

Sejak Instagram ke-update, kita bisa ngeganti akun instagram kita ke bentuk bisnis. Mungkin kalian juga udah sering liat di macem-macem akun kalo tampilan Instagram mereka agak beda. "Beda gimana sih?"
 
@ariefmuhammad's Instagram
Nah, itu tuh contohnya kalo kita ganti akun instagram ke business account. Bedanya adalah di tampilan info ada tambahan profesi, lokasi(paling bawah setelah url, sayangnya punya @ariefmuhammad ga ada), 2 tombol (contact dan follow).

Keuntungannya apa ya?

Hm, kalo aku personal lebih ke network yang kita bangun nantinya. Contohnya kaya @ariefmuhammad, followersnya udah 200K++ dan bisa dibilang dia punya koneksi yang banyak dengan orang-orang. Bukan hanya keluarga, tapi juga teman, mitra kerja, sponsor dan fans. Jadi, dia butuh kemudahan dan kecepatan akses ke social media salah satunya Instagram.

Tipsnya adalah, kalo kamu punya profesi menjamin dan koneksi yang banyak, baiknya kamu ganti akun instagram ke business account.

Gimana caranya?

Open options, pilih "switch to business account"
Di kolom options, ada pilihan switch to business account (contoh aku diatas beda karena akun aku sendiri udah di switch ke business account). Setelah kamu klik, nanti kamu bakal disuruh milih facebook page. Kalo belum punya facebook page, kamu buat dulu.

Di facebook page nantinya ada info yang diintegrasiin ke Instagram kamu, seperti contoh "profesi", kaya punya @ariefmuhammad, profesi yang diambil dari facebook page-nya adalah writer. Jadi, penting untuk punya facebook page.

Setelah buat facebook page, kamu bakal disuruh  ngisi kontak berupa e-mail, no handphone dan alamat. Ketiganya sebenarnya opsional, terserah kamu mau ngisi atau engga. Kamu juga bisa milih mau ngisi email aja atau alamat aja. Mungkin sebagian dari kita agak parno kali ya kalo ngasih nomer hp.

Nah, kontak yang kamu isi nantinya memudahkan koneksi kamu untuk tetep keep in touch sama kamu. Jadi kayanya gaperlu tuh naroh email di bagian bio-nya.

Lalu kalo udah, kita bisa ngapain aja?

Fitur promotions di tab Likes
Kita pasti sering kan nge-scroll instagram terus ada online shop/brand yang ngepromosiin postingan mereka(tanpa kita follow), yang biasanya tulisannya "Sponsored", nah Promotions ini adalah fitur dimana kita bisa memantau postingan yang kita promosiin ke banyak orang. Fungsinya apa? Fungsinya untuk meningkatkan traffic di website kita. Daaaaaaan, seperti promosi kebanyakan, menggunakan fitur ini tetep harus bayar.

Fitur Insights
Fitur Insights
Karna instagram kita udah untuk bisnis, artinya ada traffic ketika akun/postingan kita dilihat orang lain. Instagram memantaunya lewat fitur Insights. Di fitur ini kita bisa liat setiap minggunya berapa banyak followers yang kita dapet, postingan ter-atas kita, dan seperti apa akun kita buat kebanyakan orang.

Gimana udah aware? Boleh lah ganti akunnya ke business account.

Kalo kamu punya koneksi yang banyak dan kamu pengen lebih mudah buat orang ngejangkau kamu, mending kamu ganti akunnya ke business account.

*brb ganti lagi ke personal akun*
*aku bukan orang penting* #ironis

Jadi, yang udah ganti akunnya mana? menurut kalian bermanfaat ga sih diganti akunnya?

You're Awesome.

Xo, Rani.

24 comments :

  1. Replies
    1. Wah selamat kak haha, soalnya banyakan yang masih gabisa. Semoga berpengaruh ke traffic blog yah hehe

      Delete
  2. Aku belum ganti. Soalnya account Instagram aku temanya traveling jadi mau dijadiin business account malah bingung akunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bisa bisa aja kok kak, kan bisnis bukan profesinya sbnrnya, tpi gimana kitanya memanfaatkan profesi jadi lebih bonafit. Siapa tau dri diganti ke bisnis jadi ada yang endorse peralatan travelling gitu kan hehe

      Delete
  3. Belum ganti hehe... Asik ya sekarang bisa gini mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memudahkan banget buat kaya socialita atau selebgram gitu hehe, thankyou udah mampir :)

      Delete
  4. masih blom banyak follower mbak.. masih gaptek ni soal dunia instagram...taunya upload foto aja..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapap kak baby step hehe. Kalo dioptimalin Instagram bisa jadi media paling bagus buat engage followers apalagi buat blogger hehe. Anw, thankyou udah mampir kak :)

      Delete
  5. Banyak yang ganti settingan account juga.Tapi aku blm sreg kalau langsung terhubung karena bisa kontak melalui email aja deh. Nggak tahu lagi deh kalau jadi artis. Hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya settingan kaya gini buat businessman, artis, selebgram yang punya banyak koneksi sih. Tpi ga ada salah ya kita nyoba kak hehe

      Delete
  6. Huaaa punyaku ngga ada opsi buat switch ke business account T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal udah update instagramnya tinggal tggu aja kak, butuh bbrp hari sih sebelum muncul opsinya. Good luck :)

      Delete
  7. Padahal aku punya page di facebook tapitetap gak bisa, yowes lah ndak usah. agak sayang juga sih kalo dijadiin akun bisnis xD

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di update instagramnya terus tunggu aja bbrp hari hehe aku juga kmren gitu sih, harus nunggu dulu :)

      Delete
  8. aku pun udah ganti, yihaaaa *bangga* :D

    ReplyDelete
  9. pengen ganti tapi kok belum pede ya ran :""") kayak kamu nih diganti balik jd personal acc :")

    XOXO, Cilla
    http://mkartikandini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hahaha aku udah balik lagi ganti ke personal acc, aku cuma suka fiturnya kaya bisa ngecek gitu performance postingan kita haha tapi apalah bukan artis nih hehe

      Delete
  10. akuuu udah gantii hihi aku awalnya enggak pede, beberapa kali ganti jd personal account lagi tapii akhirnya aku ngejadiin ig ku sebagai motivasi biar lebih semangat ngeblog dll nya, soalnya malu juga udah sok ganti business account tapi isinya enggak jelas dan enggak konsisten :D

    Ray - www.rayditaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah bagus dong kalo gitu, bener bener biar tetep semangat nulis dan berkarya :)

      Delete
  11. Ahhh bagus nih tipsnya! Jadi pengen ganti ke business account deh. :3

    gadzotica.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kak diganti hihi biar nambah traffic di IGnya biar kaya kekinian gitu hihi

      Delete
  12. aku belom diganti, hp ku tak cukup untuk upgrade ig-_-

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Waaaaaah aku pun belum apdet ig karena memori tak mencukupi untuk apdet. Huahaahaha pantes yaaaa sering kuperhatiin orang2 kok ig nya beda.

    Ternyata oh ternyataaaaaa



    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills