SOCIAL MEDIA

Cara Membersihkan Wajah dari Makeup Seharian

09/03/2017

Hi, Awesome!

Buat aku yang punya masalah sama pori-pori yang besar, aku suka merhatiin cara aku ngerawat wajah. Walaupun ngga serjain dan ngga sekomplit yang seharusnya, aku tetep ngga pernah nge-skip proses Cleansing. Karena salah membersihkan wajah bisa fatal buat kulit wajah aku.


Akhirnya aku nulis di rubrik Tips lagi, setelah aku sempet kosong dan keseringan review. Kali ini tips cara aku membersihkan wajah plus masukan dari beberapa temen-temen gimana mereka membersihkan wajah menurut mereka.

Dulu jaman aku masih SMA, jaman dekil-dekilnya. Aku males banget cuci muka, I know it's gross. Tapi aku lebih suka mandi dan cuci muka biasa pake sabun, iya sabun buat badan. Tapi ketika aku mulai ngerasa insecure karena kulit aku kusam banget, aku jadinya cuci muka beneran pake facial foam. Dulu aku pake Pond's. 

Buat aku cuci muka pas mandi itu udah cukup banget. Which is pas mau ke sekolah dan pas pulang sekolah. Ternyata masih belum cukup buat ngatasin kulit kusam aku. Dan aku cukup termakan iklan kalau kulit secerah mutiara bisa dengan Facial Foam saja. 

source : Giphy
Aku juga ngerasain jahatnya malas cuci muka, kusam lah, berminyak, sarang komedo dan yang buruk-buruk deh. Aku mulai liat wajah aku sebagai yang paling naas. Insecure, karena temen-temen cewe aku pada mulus-mulus, dan putih.

Masuk ke jaman aku kuliah, semester dua. Aku mulai aware sama kotornya kulit wajah aku. Lingkungan kuliah aku, kosan ke kampus itu cukup berdebu jadi Facial Foam pas mandi aja ngga akan cukup. Mulailah aku pake Makeup Remover buat ekstra ngebersihin. Lagi-lagi yang aku pake adalah Pond's.

Ini bukan disponsori Pond's loh. 

Sekarang,

Aku rajin banget cuci muka. Bahkan mau ke kios beli garam aja harus cuci muka dulu.
Becanda.

Kebutuhan kulit aku ternyata cukup serius dan banyak. Keseringan makeupan, kena debu yang makin jahat dan faktor lainnya yang bisa jadi makin banyak masalah kulit yang muncul. Akhirnya aku jadi ketagihan buat ngebersihin wajah. Apalagi makeup yang waterproof, silicon based bikin wajah lumayan susah buat dibersihkan. Makanya, 1 kali cleansing process aja ngga akan cukup. harus ada produk pendukung lain yang fungsinya memang membersihkan makeup tertentu. 

Jadi, seperti apa sih cara aku membersihkan wajah setiap harinya?

MAKEUP REMOVER

Aku setiap pake makeup maupun ngga pake makeup akan selalu pake makeup remover terlebih dahulu. Sekarang trend bergeser pada Micellar Water, membersihkan wajah dengan water based remover. Hype banget tapi memang terbukti kualitas dan kinerjanya. 

Baby Oil for Eye Remover

Buat makeup waterproof aku selalu pake baby oil buat dibersihkan. Waterproof disini lebih kepada mascara dan riasan mata ya, Baby Oil bikin makeup lebih cepat lumer dan lebih gampang dibersihkan, selain itu lebih gentle di kulit. Aku selalu tuang di kapas, aku diemin di area mata sambil aku pijet matanya supaya makeup meleleh dulu perlahan, baru aku usap sekaligus. Hasilnya memuaskan sekali, karena 98% makeup waterproof luntur dan tanpa sisa di wajah. 2% tinggal dibersihkan lagi dengan sisa di Baby Oil di kapas.

source : Beautyheaven
Namun, akhir-akhir ini aku liat banyak yang mempermasalahkan Cleansing Oil, alias pembersih yang berjenis minyak salah satunya Baby Oil. Katanya pemberish dengan jenis minyak jika dipakai di wajah bisa bikin wajah lebih komedoan. Nah, ini sebenernya preferensi masing-masing, karena aku pun ngga dipakai di wajah hanya di area mata saja. Namun ada beberapa orang yang dipakai di wajah pun, masih fine wajahnya. 

Micellar Water for Face Remover

Biasanya mata menghabiskan waktu paling lama, makanya aku ngapus makeup area mata dulu baru ke wajah. 

Di wajah aku cuma pake Micellar Water atau kadang pake cleanser biasa, suka-suka aku aja yang mana. Tapi seringnya Micellar Water. Kenapa?

Karena Micellar Water 2kali lebih ampuh, cepat dan menyegarkan. Iya, menghapus makeup dari wajah juga harus yang menyegarkan, jadi lebih fun dalam prosesnya. At least for me. 

source : Popsugar
Aku selalu menghabiskan 3/5 kapas buat membersihkan wajah, 6 kalau mau lebih ekstra bersih. 1 kapas untuk 1 part wajah, biasanya dimulai dari dahi ke area pipi atas, rahang kebawah dan seterusnya. Proses membersihkan pun dengan cara memutar karena lebih mengangkat sisa makeup dengan baik. 

Micellar Water baik untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, karena as I said earlier dia water based remover artinya less oily di wajah dan ngga lengket sama sekali di wajah. Aku yakin banyak dari kalian yang sudah menggunakan Micellar Water.

Right?

Extra Remover for the Lips

Pada tahap ini aku paling bebas pake apa buat ngebersihin bibir. Biasanya pake baby oil, kadang pake Micellar Water atau kadang pake tissu basah. Tergantung jenis lipstick jadi akan beda remover seperti apa. Hanya saja, baby oil bisa aku bilang lebih efektif karena ngebersihinnya sekali jalan.

DOUBLE CLEANSING

Pernah kan dengar istilah Double Cleansing, iya membersihkan wajah dua kali. Literally

Jadi setelah pake makeup remover yang udah-udah, itu wajib kudu cuci muka lagi pake cleansing foam atau sabun cuci muka. Sabun cuci muka juga sekarang banyak macam dan jenisnya. Kenapa sih harus double cleansing?

source : rolala loves
Seampuh apapun makeup remover kalian, residu makeup tetap ada di wajah. Residu yang tertinggal itu bisa jadi hal buruk, karena bisa menghambat pori-pori yang nantinya menyebabkan jerawat lah, kulit makin berminyak lah dan hal-hal jahat lainnya. 

Udah sampe ditahap ini, proses membersihkan wajah dari makeup udah komplit. Ini basic yang diperlukan untuk memberishkan wajah after seharian pake makeup ataupun ngga pake makeup. 

Kalian boleh dong share proses membersihkan wajah kalian seperti apa <3

~~

see you in another post

keep in touch w/ me!


6 comments :

  1. aku dulu awal-awal bersihin wajah malah cuma sama clenaser & tonic doang XD terus mulai beralih ke facial foam, tapi kok kurang bersih, terus aku pakai cara double cleansing gitu jug akka Ran.. semenjak itu entah kenapa udah jarang jerawatn

    depruttt.com

    ReplyDelete
  2. paling suka aku malah sampai 3 step cleansing.. bukan hanya 2 sekarang nambah jadi 3 step.. wkwkwkwkwk... *anaknya rajin*
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Ran..... aku malah pake cleansing oil terus pake micellar water abis itu facial foam. Kaya berlebihan banget ga sih? aku parno soalnya kalo abis pake primer yang nutup pori-pori gitu. lebay gak sihhh?

    beautysugarbykhhrnisa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. aku dulu kalo abis mekap langsung cuci pake facial wash BERKALI2 sampe mekapnya ilang. dan abis itu mukaku kering kerontang, kelupasan parah dan kusam. gila, ngerusak bgt ga sih?

    fujichan.net

    ReplyDelete
  5. mudah sekali ya kak, cara memberihkan sisa makeup diwajah.. terimakasih kak..

    daherba.com

    ReplyDelete
  6. Aku 3 step cleansing sih. Double cleansing udah gak mempan di kulitku. Wkwkwk.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills