SOCIAL MEDIA

How To : Foto Produk Layaknya Pro Beauty Blogger

21/03/2017

Assalamualaikum Awesome!

Jaman sekarang as beauty blogger, salah satu aset berharga adalah kualitas foto yang baik. Biarpun foto pake kamera handphone, tapi tetap harus menghasilkan kualitas foto yang ngga murahan. Banyak jalan menuju Roma, begitu juga mendapatkan foto produk untuk blog pun banyak caranya.


Kenapa sih foto jadi aset penting Beauty Blogger? 

Ya, kalian ngga mau dibilang asal ngeblog. Elemen penting yang ngga kita pikirin baik-baik. Elemen visual, karena lebih banyak orang yang nyaman liat gambar dibanding baca aja. As a beauty blogger we do have to consider our photo quality.

Aku pun masih jauh dari "punya kualitas foto yang baik" tapi Alhamdulillah banyak yang suka sama hasil foto aku, dan banyak juga yang nanya gimana buat foto kaya aku. Walaupun aku bukan expert setidaknya aku mau berbagi tips dan cara gimana dapet hasil foto yang baik untuk foto produk di blog nanti.

Ini cuma personal preference aku, tapi aku ngerasa foto yang bagus itu mengundang banyak peminat loh di blog kita even in our social media. Liat aja banyak influencer yang lebih stress mikirin hasil foto untuk di post di Instagram mereka, capek-capek ngedit untuk hasil kohesif di feed Instagram mereka. Karena buat mereka, foto adalah daya jual mereka, mereka dapet job dan fans karena foto mereka. 

source : Giphy
Untuk Beauty Blogger, selain tulisan pun foto juga jadi elemen penting dalam suksesnya blog kita. Karena beberapa orang akan tertarik baca kalau liat fotonya menarik. Sejak aku menyadari hal ini, aku pun mulai research gimana sih dapet hasil foto yang baik walaupun alat fotonya minim. Tanpa kamera DSLR, tanpa lighting yang mumpuni dan tanpa studio sendiri. 

Semoga tips dan cara aku ini bisa membantu kalian-kalian yang ingin mendapat hasil foto produk yang bagusnya puol tapi dengan problem yang sama kaya aku, minim alat foto. 

1. Inspirations

Krusial walaupun rasanya penting penting ngga penting. Supaya kalian ngga salah arah kedepannya, kalian boleh kok nyomot satu blogger, influencers, atau selebgram sebagai sumber inspirasi kalian. Untuk blog, coba pilih inspirasi yang kalian inginkan, aku pribadi seneng liat foto dari blog www.sistersdyne.com, www.vanisagita.com dan www.theraeviewer.com mereka punya konsep foto yang clean dan fokus ke produk yang di foto tanpa props yang banyak. Selebihnya aku selalu cari inspirasi dari Pinterest

Karena yang paling penting adalah menentukan kiblat konsep foto kalian seperti apa. Apakah colorful, lebih banyak props, natural, atau yang clean minimalist. Karena gunanya inspirasi dan konsep foto supaya blog kalian punya satu ciri khas yang gampang di recognize sama orang-orang

Kalau untuk instagram aku suka banget sama hasil foto dari @riveracosmetics, @fanbocosmetics, @eminacosmetics karena sesuai sama preference aku, clean dan fokus ke produk tanpa banyak props. Walaupun sebenarnya @eminacosmetics sendiri punya konsep yang colorful tapi tetap sedap dipandang mata. 

2. Editing Photo Software

Yang ini bisa sesuai minat atau hasil foto yang kalian inginkan. Banyak aplikasi edit foto yang free dan accessible. Aku pribadi untuk blog aku selalu edit dari laptop pake aplikasi Photoshop, dan Picmonkey. Untuk edit foto Instagram aku lebih suka Snapseed dan VSCO

Photoshop selalu aku pake untuk cropping dan enhance foto aku bair lebih clean. Hasil foto dari iPad (device yang aku pake buat foto) ngga menghasilkan foto yang terang dan bersih, jadi tetap ada finishing touch di Photoshop. Sedangkan Picmonkey selalu aku pake untuk collage foto karena lebih gampang diakses di laptop dan aku sendiri udah terbiasa pake Picmonkey.

Nah untuk Instagram aku selalu edit foto pake Snapseed dan VSCO. Snapseed untuk enhance foto dari segi brightness, saturation dan warmth. Kadang Snapseed aku pake untuk ngebersihin background foto yang kotor pake tool healing. VSCO sendiri aku pake untuk menambah warna dan tema di foto aku. 

3. How To

Oke, sekarang aku akan kasih bagaimana caranya aku edit foto yang super gampang dan cepat! Aku mulai dengan foto original yang aku foto pake iPad, kadang aku foto pake kamera pinjeman adek sepupu kadang pake iPad. Enaknya pake iPad adalah lebih cepet dan ngga ribet ngatur ini itunya. At least that's what I felt. Foto yang aku ambil ini 100% cahaya alami dari sisi sebelah kiri foto.

foto original
a.Crop

Kenapa aku crop? Karena komposisi kanan kirinya ngga sama rata, jadi aku crop. Buat aku semuanya lebih kepada perfections, jadi orang akan liat bahwa originally seperti ini ternyata sudah melewati banyak proses. 

Ukuran yang aku crop 2000x1200, selalu seperti itu. Hasil foto yang di crop bikin foto terlihat lebih profesional. Namun, proses ini ngga selalu aku lakukan. Tergantung hasil foto pertama kali seperti apa. Jika komposisi foto kurang sama rata maka akan di crop.

b. Brightness & Contrast

Hal yang paling penting buat aku adalah level brightness dan kontras harus pas. Liat deh foto awal agak dekil dan ngga begitu fokus. Padahal fotonya udah pake cahaya matahari langsung tapi tetep aja selalu ada yang kurang.


Settingan brigthness dan contrast pun berbeda tergantu seberapa suka aku sama hasil akhirnya. Kadang hanya brigthness yang aku rubah, kadang keduanya. Kontras aku rubah supaya lebih mempertajam gambar, dan kadang ketika kontras dinaikin spot yang sebelumnya tidak tersentuh cahaya matahari akan terlihat lebih cerah.

c. Enhance

Pada tahap ini tergantung seberapa suka aku akan hasil akhir foto. Enhance yang aku maksud adalah seperti highlight, saturation, shadows dan teman-temannya. Kadang juga mood-mood aku mau pake tools ini atau engga. 


Ini settingan dasar yang udah aku set default. Tapi settingan ini ngga paten sebenarnya. Karna hasilnya akan berbeda tiap foto. Ada foto yang jadi makin dekil atau over-saturated, jadi kadang aku atur levelnya biar pas sama fotonya. Kalau kalian liat ada Shadows, Highlights dan Adjustments yang sering aku otak-atik di bagian shadows, supaya hasilnya lebih clear, tapi ngga menghilangkan esensi keaslian foto. Karena kadang kalau shadows lebih diutak atik menurut aku fotonya terlihat ngga asli. 



Lihat kan bedanya seperti apa? Iya, signifikan. Dan selalu seperti ini aku kalau edit foto untuk blog. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang bakalan bilang "ribet amat sik foto doang", tapi ketahuilah ini level kesungguhan aku dalam ngeblog. Asik.

Ibaratnya aku pengen bikin orang betah di rumah aku, ya setidaknya rumah harus rapih bersih lah. Selain itu, aku pengen buat first impression ke orang-orang. Ketika kalian tanya tentang ranilukman.com, aku berharap ada segelintir aspek yang orang inget tentang blog ini.

Aku berharap kalian terinspirasi dan semoga bisa membantu. Iya memang benar masing-masing orang punya ciri khas mereka masing-masing, keep it. Tapi kalau diluar sana ada yang punya ketertarikan seperti aku, ya semoga ini membantu.

Ada ngga diantara kalian punya signature style sendiri di blog? Cerita yuk!

~~

see you in another post

keep in touch w/ me!



12 comments :

  1. Sama aku juga suka banget ngilatin dan nyari inspirasi foto dari Kak Vani Sagita! Dia foto-fotonya bagus semua sih jadi enak diliatnya.

    ReplyDelete
  2. lengkap bangeeet! aku juga sama Vani Sagita selain cara nulisnya enak banget kaya ngobrol langsung foto-fotonya clean pula....

    khhrnisa.com

    ReplyDelete
  3. Nice tips... Aku sukanya clean dan ada bokeh nya... ��

    ReplyDelete
  4. iyeees pakai modal hape aja sekarang foto udah bisa bagus.
    Tapi aku belum bisa flat lay yg bagus ran :D
    haha

    ReplyDelete
  5. ahayyya ilmu baru hoho. kalau aku biasa main kurva aja sih jadi hasil foto aku masih gitu-gitu aja, thx for share kak!

    isthiud.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. lighting emang kunci paling pas biar kayak pro ya. aku juga suka tuh edit di snapseed, lebih gampang dan hasilnya emang bagus hihi :3

    foreverispossible.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. Nice tips. Thanks for sharing! Aku kalo edit foto cuma pake vsco doang sama photoshop (buat nambahin watermark) xD

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. MAaksi raaan infonyaa sangat bermanfaat bagi emak2 gaptek kaya aku.. hahaha

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  9. Ranii, sama kita pake photoshop buat crop-cropan. haha.
    tapi sekarang aku lagi doyan pake photoscape juga.

    ah, ribet demi konten yah ran.
    Aku juga masih belajar terus. Biar jago kayak kamu..
    hihi..

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  10. Bikin foto untuk di blog itu kadang beban batin untuk aku. Huhuhu. Butuh inspirasi dan kalau mandek ya bengong aja bingung mau diatur kaya apa. Sumber inspirasi aku juga dari beberapa beauty blogger lainnya dan Pinterest.

    Nice post!

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
  11. Wah kamu pakai iPad berapa?
    Aku foto pake iPad 2 kok malah gak bagus ya 😭 malah blur pecah gitu 😭😭😭
    Nice info ya ❤️

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Editing photo skill perlu banget di-upgrade supaya hasilnya fotonya enak dilihat.

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills