SOCIAL MEDIA

[review] La Tulipe Sunscreen Gel SPF 17

14/03/2017

Assalamualaikum Awesome!

Buat aku sunscreen adalah item paling penting dalam makeup pouch. Why? Biar wajah ngga dekil. Yup, simple. Tapi ternyata manfaatnya cukup banyak loh. Bisa terhindar dari keriput di masa depan, awet muda lah. Iya, karena sunscreen melindungi kulit kita dari paparan sinar matahri yang jahat. Kali ini, teman sunscreen aku dari La Tulipe yaitu Sunscreen Gel SPF 17.


Jadi, sunscreen aku yang aku pake udah kurang lebih 8 bulan sudah habis. Emina SPF 30nya ukuran mini buat aku cukup lama habisnya. Soalnya aku sendiri jarang touch up sunscreen, dulu. Sebenarnya Emina sih udah loveable banget, tapi karena aku butuh cepat alias bukan online shopping, jadilah aku beli La Tulipe Sunscreen Gel

[baca juga : Emina Sun Protection]

Pilihan aku pas di Matahari Department Store antara Wardah dan La Tulipe. Tapi aku pernah baca yang Wardah kurang cocok untuk kulit berminyak. Dan kulit aku super berminyak udah kaya tahu goreng, jadi aku skip Wardah. Selain itu, aku pengen coba produk La Tulipe juga, kata orang-orang sih bagus.

Varian La Tulipe Sunscreen itu ada 2, Sunscreen Gel dan Sunscreen Cream. Selama ini aku selalu pake jenis Gel, pas aku liat cream aku langsung NO. Bakalan ngga cocok di kulit berminyak, dan aku ngga suka cream as an SPF -padahal kan gue ngga pernah nyoba ya- karena di bayangan aku akan berat dan lengket banget. 

Jadilah, La Tulipe Sunscreen Gel it is!

Sedikit info tentang La Tulipe nih, selain yang aku tau dia produk lokal ternyata dia sudah berdiri sejak tahun 1980 dengan nama La Tulipe Cosmetiques, namanya sounds european padahal produk lokal. Sengaja di desain untuk iklim tropis, pas untuk Indonesia. Tau ngga kenapa namanya La Tulipe? Terinspirasi dari bunga tulip yang berdiri tegak dan tidak mudah layu, arti ini di ibaratkan sebagai kulit yang kencang dan tidak mudah keriput, begitulah harapan founder La Tulipe Cosmetiques buat penggunanya. 

Mari kita mulai saja reviewnya!

PRODUCT INFO

La Tulipe Sunscreen Gel memberikan info produk yang cukup lengkap di produk mereka, cukup membantu untuk newbie apalagi.

Ada disini yang newbie untuk penggunaan Sunscreen?
Sayang sekali.


Ingredients :
Purified Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Benzophenone-3, Ethanol, Isopropyl Myristate, Carbomer, Triethanolamine, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Propylene Glycol, Diazolidinyl Urea, Methylparaben, Propylparaben, CI 44090 (Acid Green 50) 

Claim :
Dapat digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya kulit berminyak. Mengandung bahan tabir surya yang dapat membantu melindungi kulit terhadap pengaruh buruk dari sinar matahari.

Warning :
- Mengandung Benzophenone-3
- Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari
- Gunakan produk sebelum terpapar sinar matahari dan ulangi pemakan terutama setelah berkeringan dan mengeringkan badan. 

Size :
25g / 0,88 oz.

BPOM :
NA18141700142


Oke, jadi dari deskripsi di atas aku sendiri punya beberapa pertanyaan. 

Ada ada dengan Benzophenone-3 ?

Aku pun research.

Menurut cosmeticsinfo.org : Benzophenone-1, Benzophenone-3, Benzophenone-4, Benzophenone-5, Benzophenone-9 and Benzophenone-11 protect cosmetics and personal care products from deterioration by absorbing, reflecting, or scattering UV rays. When used as sunscreen ingredients, Benzophenone-3 and Benzophenone-4 protect the skin from UV rays. 

Jadi, memang Benzophenone-3 adalah salah satu bahan khusus kosmetik yang memang berfungsi sebagai penangkal sinar UV. Cara kerjanya adalah dengan menyerap, dan memantulkan sinar UV kembali keluar.  

Lalu kenapa di "warning" sama La Tulipe?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa konsumsi Benzophenone-3 dapat menyebabkan photo-sensitivity. Photo-sensitivity itu istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang kesensitifitasan akan sinar UV, yang dapat menyebabkan demam, lupus, dan lainnya. 

Lah berarti bahaya dong?

Engga juga. Lembaga seperti BPOM atau FDA (kalau di luar negri) sudah menetapkan kalau Beznophenone-3 aman selama dalam range max 6%. Dan, sejak La Tulipe sudah memiliki izin BPOM, sudah dipastikan kadar Benzophenone-3 aman untuk dikonsumsi. 

Itu sebabnya, La Tulipe merasa harus ada warning tentang Benzophenone-3 siapa tau ada yang keberatan atau malah ngga suka sama sekali. 

PACKAGING

Kemasannya terlihat elegan dengan warna putih dan kesan biru dongker. Agak jauh yah dari branding La Tulipe dengan warna dominan Ungu. Berbentuk tube yang lazim buat sunscreen, dan bahan tubenya sejenis plastik yang gampang dibentuk, mirip packaging Monistat. 


Pas beli juga dapet dus yang punya bis silver dan logo La Tulipe beserta info produk lengkap. Dusnya kuat ternyata kuat dan ngga recehan, walaupun standar tapi buat aku ini cukup berharga, kan bisa buat bungkus kado nanti.

La Tulipe Sunscreen Gel punya tutup jenis ulir alias harus diputer dulu, lidnya berwarna biru dongker dan punya bis silver. Kalo sekilas dilihat kemasannya biasa aja, tapi cukup elegan sebenarnya dan simple. 

TEXTURE, SCENT & CONSISTENCY

La Tulipe Sunscreen Gel punya tekstur yaaaaaa GEL. Tapi ringan dan lembut. Ngga lengket loh, bedanya sama Emina Sun Protection ya, Emina tuh masih agak lengket. Wanginya kaya obat tapi ngga strong banget, ada hint wangi bunganya tapi aku ngga tau apaan. Pokoknya wanginya masih tolerable dan nyaman kalo dicium. 


Konsistensi La Tulipe Sunscreen Gel ngga begitu thick dan ngga begitu watery, tekstur yang pas buat aku karena ngga runny dan ngga berat juga. Ini juga faktor pembeda antara La Tulipe Sunscreen Gel dan Emina Sun Protection.

PERFORMANCE

Yang pertama mau aku bahas, apakah dia bagus untuk kulit berminyak?

Iya, Kenapa? karena setelah dipakai pun, kulit wajah berasa biasa saja. Ngga nambah oily ataupun less oily. Karena kerja La Tulipe Sunscree Gel yang cepat menyerap di kulit. Ini kenapa aku memilih varian Gel dibanding Cream.
Lalu setelah beberapa jam, apakah nambah oily?

Nope. Oilynya wajah aku pure karena wajah aku emang gampang berminyak, gampang banget. Apalagi daily dan aktivitas luar ruangan, sama sekali ngga ada pengaruh apakah La Tulipe Sunscreen Gel ini oily di aku 

Left : before blend | Right : after blend
Apakah ada white cast dari produk ini?

CMIIW, tapi ngga selamanya sunscreen itu menghasilkan white cast. Tapi karena aku ngga pernah pake sunscreen aja terus kufoto pake flash misal, jadi aku ngga bisa memastikan apakah La Tulipe Sunscreen Gel bakalan reflect cahaya balik ke kamera

Tahannya berapa lama?

Idealnya sunscreen sih harus touch up setiap beberapa jam sekali, apalagi aktifitas diluar ruangannya cukup lama. Tapi kalo aku pribadi, setelah aku merasa wajah sudah agak oily dan berdebu, aku touch up lagi. Tapi sebelumnya aku pake blotting paper dulu baru aku touch up. 

Ada yang sempet nanya ke aku, apa gak ribet touch up sunscreen?

Engga, karena aku daily ngga pernah makeup. Cuma sunscreen, loose powder, ngalis, maskara, lippen. Jadi gampang buat aku touch up. Kalau kalian sering pake makeup dan males touch up, saran aku sih pilih sunscreen dengan SPF tinggi karena beberapa sumber bilang semakin tinggi SPF, semakin lama ketahanannya

CONCLUSSION

Overall aku super suka sama La Tulipe Sunscreen Gel, selain harganya murah dan kemasan produk elegan, aku juga gampang nemu produk ini di tempat tinggal aku. Selain itu, jenis Gel yang cepat menyerap di kulit pun jadi alasan kenapa aku suka banget sama produk ini. Apalagi dia ngga bikin lengket. Sayangnya, La Tulipe Sunscreen Gel hanya tersedia ukuran 25gram saja, ngga ada ukuran lebih besarnya. 

Ups : 
+ Harganya murah
+ Tekstur Gel mudah menyerap
+ Ngga lengket
+ Wanginya tolerable
+ Kemasan elegan

Downs :
- Ukuran produk tidak bervariasi

Price :
IDR 24K

Repurchase :
Yes!

Rate :
4.5/5

Diantara kalian udah ada yang nyobain La Tulipe Sunscreen Gel? What do you think?

~~

see you in another post 




21 comments :

  1. wihhh infon Benzophenone-3 berguna syekali... udah lama penasaran sama sunscreen ini tapi sunscreen skin aqua aku belom abis-abis nihhh, sayang banget ukurannya kecil yak

    khhrnisa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat yaa Ca infonya wehehe, iya nih sayangnya ukurannya kecil :(

      Delete
  2. Asikk ada yang ulas sunscreen buat kulit berminyak macam aku juga nih ran. Kadang aku kalo pake suncreen itu bikin whitecast kalo udah beberapa jam jadi ngambang gitu mukanya putih huhu makanya pilih pilih banget kalo sunscreen:(


    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, kalo beberapa jam pake dia ngga akan white cast kok Ma, bagus puol lah pokoknya haha

      Delete
  3. wuaaa ini murah banget.
    :D

    Masuk wish list lah lain kali.

    Rada unik juga yah kenapa harus spf 17. Padahal biasanya spf itu ya 20 25 30 50 75.. angka2 yang gak nanggung pokoknya. Menurut aku la tu lipe ini berani beda.

    Btw.. mukamu kayak tahu goreng apa tahu bulat ran?? Sekarang kan lebih hits tahu bulat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget sih murahnya buat ukuran sunscreen mah wkwk, iyak nanggung dan jarang denger SPF 17 wkwk.


      Aku tahu bulat Li :(
      wkwk

      Delete
  4. Penasaran juga buat nyobain yang ini tapi aku udah kadung nyaman banget sama si Wardah, jadi galau?

    coolatmohspeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Lah, Wardah di aku cocok2 aja sih ran. Beda kulit kali ya. Sama aja efek nya si emina dan wardah di aku.


    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku emang belom nyoba Wardah, cuma aku terlanjur kepincut ini wk

      Delete
  6. kecil yak..
    aku masih ngabisin si skin aqua yg uv milk ituh
    boleh nih kayaknya dicoba :D makasi reviewnya

    fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali ah aku mau nyoba yang skin aqua juga haha
      Semoga bermanfaat, Ji,

      Delete
    2. Skin aqua masih agak lengket kak.
      Kalau saya pakainya la tulipe lotion yg botol besar, ringan banget&ga lengket

      Delete
  7. Kak ini kalp dipake panas2an tetep bikim item gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu jawab yaa
      Gak akan bikin item kok, Kakak Touch up aja tiap 2 jam sekali. Gak harus pake sunscreen gel ini, bisa juga pake cushion atau bb cream yg mengandung spf (when you wearing make up) Sama aja kok ��
      Kalopun mau touch up pake sunscreen pas lg gak make up tebel, wajahnya dibersihin dulu aja sm toner dan kapas, habis itu touch up deh sunscreennya. Semoga infonya bermanfaat yaa

      Delete
  8. Setau aku sunscreen itu ada dua macem kak, physical sunscreen sama chemical sunscreen, nah kalo sunscreen yang gak ninggalin whitecast itu berarti chemical sunscreen which is absorb deep into the skin. Kalo yg physical sunscreen dia semacam numpang diatas kulit kita, kayak foundation gitu. Jadi setelah pake bisa langsung aktivitas. Beda sm chemical sunscreen yg harus ditunggu dulu sekitar 15-20 menit sampe dia bener2 nyerep ke kulit baru bisa aktivitas, biar nanti perlindungannya lebih maksimal ��

    ReplyDelete
  9. Btw Thanks for information ya kak, aku suka tampilan blognya, dan isi informasinya juga lengkap sampai ke ingredientsnya, penyampaiannya jg enak mudah dipahami. Sukses trs ya kak ��

    ReplyDelete
  10. Klo abis pake sunscreen gel trus timpah sama bb cream wardah gpp??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak bntu jwab ya kak hehe ak pke sunscreen la tulipe sma bb wardah g papa. Hasil malah bagus, trus ak timpa lgi sma bedak tabur wardah. Hasilnya jdi tahan lama. Truz mnurut pngalaman ak sunscreen la tulipe yg bru, yg warna kuning mlah bgus buat jrawat ku, jdi kempes halusin muka gtu heee

      Delete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills