SOCIAL MEDIA

Manfaat Face Oil untuk Kulit Berminyak

16/12/2019

Sebelum mengetahui manfaat face oil untuk kulit berminyak, ketahui dulu apa itu face oil dan seberapa kontradiktif dengan istilah digunakan untuk kulit berminyak. Jangan salah sangka dulu.


Face Oil adalah produk skin care yang berasal dari ekstrak buah, tanaman atau biji-bijian dengan fungsi untuk melembabkan bagian permukaan kulit. Dari pengertian ini bisa dipastikan tujuannya untuk melembabkan atau moisturizing dan seperti yang kita tau, moisturizing adalah tahap penting dalam skin care.

Pastinya dibutuhkan juga untuk kulit berminyak. Lalu kenapa kontradiktif? Dari namanya saja bisa dipastikan kalau ada yang akan mengeluarkan pernyataan seperti :

"udah berminyak kok pakai produk yang tambah bikin berminyak" percayalah, dulu gue seperti ini.

Namun pada dasarnya kita juga membutuhkan face oil untuk menambah proses moisturizing dalam tahap skin care kita selama produk yang kita gunakan memiliki kandungan oil yang tepat.

Hal ini mengacu pada face oil memiliki kandungan utama yaitu fatty acid yang terbagi menjadi dua yaitu linoleic acid dan oleic acid. Linoleic adalah oil yang cocok untuk kulit berminyak, sedangkan oleic untuk kulit kering.

Nah linoleic dan oleic pun terbagi menjadi jenis lain yaitu bahan-bahan apa saja yang tergolong kedalam keduanya. Grape Seed, Rosehip dan Hemp Seed adalah beberapa bahan yang tergolong dalam linoleic acid. Bahan-bahan inilah yang sebaiknya lo pilih kalau mau menggunakan face oil untuk kulit berminyak.


Sampai sini dapet ya gambaran umum seputar face oil? gue saranin kalau lo mau informasi lengkap seputar face oil, tonton video youtube-nya Beauty Within. Info mereka lengkap banget sampai rekomendasi produk yang cocok.

Karena gue hari ini hanya akan membahas manfaat face oil untuk kulit berminyak.

Sebelum gue mulai, disclaimer dulu ya.
Gue bukan skin care expert atau bukan dokter kulit. Yang gue tulis dibawah ini berdasarkan pengalaman probadi dan hasil yang nyata terlihat di wajah gue. Bisa aja hasilnya berbeda dengan lo bisa juga sama. Bijak dalam mencerna ilmu dan menerapkannya ya :)

Terlihat Glowing Alami

Engga bohong gue pengen banget punya kulit glowing walaupun kondisi kulit gue berminyak. Bisa aja pakai produk yang mengontrol minyak, tapi tetep aja minyak akan selalu muncul di muka gue. Pasti.

Setelah mencoba pakai produknya Shylas Factory yang face oil gue cukup terpukau karena ini produk bikin wajah gue terlihat lebih glowing bahkan setelah gue pakai foundation matte diatasnya. Produk yang gue pakai memang dikhususkan untuk kulit berminyak jadi akan sewajarnya untuk kulit berminyak gue.
Gue selalu pakai di malam hari sebelum tidur, bangun paginya dan setelah gue pakai make up akan terlihat wajah gue yang glowing tanpa pakai higlighter atau bahkan produk untuk dewy finish.
Gue percaya, kalau lo memilih produk dengan kandungan ekstrak oil yang tepat lo juga pasti akan mendapatkan hasil yang serupa. Tips dari gue adalah pakai di malam hari saat kulit kita mengalami dehidrasi saat tidur. Bangun paginya kulit terlihat lebih sehat.

Mengobati Kulit Mengelupas

Tau ngga sih lo jari yang tiba-tiba ngelupas abis cuci piring atau cuci pakaian? sebel abis! Gue selalu mengalami hal ini, apalagi akhir-akhir ini kerjaan ngebabu gue parah banget. Kulit di jari terutama jempol itu ngelupas parah banget.
Face Oil selalu jadi pilihan pertama gue dalam mengobati kulit ngelupas ini. Pakainya di malam hari dan setiap malam, perlahan-lahan akan membaik dan kulit di jari jadi lebih lembab lagi.
Sekarang gue pakai Grape Seed Oil, teksturnya sedikit runny. Namun kalau mau efek lebih ampuh dalma menyembuhkan, baiknya pakai oil yang teksturnya lebih thick. Iya, face oil works fine kok buat jari lo juga.

Penyelamat Kulit Dehidrasi

Gue pernah frustasi gara-gara kulit wajah gue ngelupas parah banget. Itu pertama kalinya terjadi seperti itu padahal menghadapi kenyataan bahwa wajah gue tipe berminyak dan kulit ngelupas sangat engga mungkin terjadi. Ternyata, gue menemukan fakta bahwa kulit gue mengalami dehidrasi.

Melihat beberapa waktu kebelakang emang gue jarang moisturize dan ada produk yang salah gue pakenya.
Beruntung saat itu produk face oil dari Shylas Factory masih ada, gue coba pake setelah hasil riset sana sini. Ternyata dalam waktu 3 hari aja, wajah gue sembuh lagi, normal lagi dan udah engga mengelupas.
Karena tekstur face oil cukup thick jadi dia bekerja lebih cepat dalam mengembalikan kelembaban di wajah gue. Memperbaiki permukaan kulit gue yang bisa dibilang udah rusak, sejak saat itu gue engga pernah kehabisan face oil lagi.


Sejauh ini, ini adalah ketiga manfaat yang gue rasakan saat pakai face oil untuk kulit berminyak gue. Jangan salah, kulit berminyak juga bisa aja membutuhkan face oil. Namun memang bukan tahapan wajib, bisa lo jadikan opsi kalau aja mau achieve manfaat yang gue dapetin juga.

~
Your Sunday Pills
by ranilukman

4 comments :

  1. Aku belum pernah pakai face oil tapi penasaran banget. Menurut pengalaman temen-temenku yang punya skin type yang sama kayak aku (oily), mereka pada bilang kalo face oil lebih nampol buat kulit oily.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi ke tujuan pakai face oil kok, dan bahan utama oil itu sendiri. Bisa jadi bagus di mereka belum tentu bagus di kamu :)

      Delete
  2. Kulit aku nih, lagi butuh banget nutrisi. Cepet kering rasanya. Kayanya kece juga nih face oil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain ajaa duluu sambil liat hasilnya gimana. You can stop anytime kok :)

      Delete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills