SOCIAL MEDIA

Yang Harus Diperhatikan Pertama Kali Chemical Exfoliating

14/12/2019

Chemical exfoliating termasuk dalam super words untuk dunia skin care. Kemampuannya terkenal mengatasi masalah kulit dengan cara yang sederhana. Kalau kalian anak skin care pasti udah tau apa itu chemical exfoliating kan?

Chemical exfoliating terbagi atas dua kata, chemical dan exfoliating. Chemical ya kimiawi, mengacu pada bahan-bahan yang mempunyai karakterisitik sendiri. Exfoliating adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

Kalau digabungin, secara harfiah akan seperti ini :
Chemical exfoliating adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang menggunakan bahan-bahan kimiawi.
Kalau secara makna,
Chemical exfoliating adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati menggunakan bahan-bahan kimia dengan tujuan wajah jadi lebih cerah dan sesuai kebutuhan kulit.
Jangan negatif dulu soal bahan-bahan kimiawi ya, pada dasarnya semua produk (makeup, skin care, bahkan makanan) yang kita gunakan juga mengandung bahan kimia. Namun dalam dunia skin care, chemical exfoliating menggunakan bahan seperti AHA, BHA dan PHA.

Not so relevant picture but yeah!

Karena selain chemical exfoliating ada juga physical exfoliating, ini lebih kepada eksfoliasi dengan menggunakan proses fisik dimana produk dapat dilihat bersentuhan dengan kulit dan bisa terlihat proses eksfoliasi. Biasanya physical exfoliating menggunakan produk bernama scrub berbahan dasar bijian-bijian alami atau yang dibuat.

Nah, yang menjadikan chemical exfoliating adalah super words dengan makna yang juga besar karena bahan yang digunakan seperti AHA, BHA dan PHA ini cukup tricky. Termasuk powerful ingredients yang engga asal dipakainya. Salah pakai, bukannya bikin wajah cerah malah zonk!

Dari terms chemical exfoliating aja udah bikin deg-degan. Anaknya gampang terintimidasi soalnya. Karena banyak review yang bukannya bagus hasilnya tapi malah not at all. Bikin pengalaman gue pertama kali chemical exfoliating jadi deg-degan.

Pertama kali chemical exfoliating ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

disclaimer : gue bukan dokter kulit, bukan skincare expert. Semua tips ini berangkat dari hasil riset gue sendiri sebelum gue menggunakan chemical exfoliating dan pengalaman saat gue menggunakannya.

Jenis Kulit

Ingat kan bahan-bahan seperti AHA, BHA dan PHA sebelumnya? Ini bukan asal bahan, ini adalah Acid atau Asam. Inilah dimana istilah chemical dalam kosa kata chemical exfoliating didapatkan. Kalau cari-cari tentang bahan ini di Google, pasti banyak yang berbicara soal hebatnya kemampuan masing-masing bahan tersebut.

Tapi ini pembedanya,
AHA (Alpha Hydroxy Acids) adalah jenis asam yang baik bekerja untuk kulit kering karena dia lebih membersihkan di permukaan kulit dan merupakan tipe water-soluble.
BHA (Beta Hydroxy Acids) adalah jenis asam yang baik bekerja untuk kulit berminyak karena dapat penetrasi sampai bagian terdalam kulit dan merupakan tipe oil-soluble.
PHA (Poly Hydroxy Acids) adalah versi terbaru dari AHA, bekerja seperti AHA tapi dengan molekul yang lebih besar.
Ini kalau mau tau seputar AHA, BHA dan PHA gue saranin nonton channel Youtube Beautywithin atau Female Daily Network.

Nah, kenapa chemical exfoliating dibilang ampuh? Ya karena produknya spesifik mengandung jenis asam yang hanya cocok untuk jenis kulit itu saja. Chemical exfoliating dengan kandungan AHA lebih besar akan baik untuk kulit kering, begitupun yang lebih besar kandungan BHA akan lebih baik untuk kulit berminyak.
Biar engga salah pakai, perhatikan jenis kulitnya apa, dan pilih produk dengan kandungan asam yang presentasenya lebih tinggi khusus untuk jenis kulit tersebut.
Kenapa presentasenya lebih tinggi? Karena biasanya chemical exfoliating mengandung AHA dan BHA bahkan PHA namun ada yang presentase kandungannya lebih tinggi. Perhatikan hal ini.

Masalah Kulit

Ini cukup penting. Buat gue ngapain pakai produk yang sebenarnya kulit kita engga butuh banget. Kaya masalah ini itu bisa teratasi dengan hanya rajin cuci muka dan pakai hydrating toner.

Tapi kadang kita ngerasa engga puas. My piece of advice is be wise.
Bijaksana melihat produk yang bagus untuk mengatasi masalah kulit dan bukan hanya sekedar FOMO.
Iya, chemical exfoliating bagus kok tapi engga semuanya juga dapat teratasi dengan chemical exfoliating. Bisa aja dengan scrub biasa sudah mengangkat komedo bandel di hidung.

Beberapa masalah kulit yang cukup sering diatasi dengan chemical exfoliating adalah kulit kusam dan membersihkan noda dan bekas jerawat. Membersihkan noda bekas jerawat itu pain in the a**, sejauh ini chemical exfoliating bisa dibilang produk yang cukup terjangkau untuk pelan-pelan mengatasi masalah tersebut.

Namun, balik lagi kalau kamu merasa masih bisa diatasi dengan cara lain coba dulu cara tersebut. Jadikan chemical exfoliating pilihan kedua dan bijaklah dalam memilih produk dengan kandungan AHA, BHA dan PHA untuk eksfoliasi.

Penggunaan Produk Bersamaan

Paling banyak diomongin seputar chemical exfoliating adalah bagaimana produk ini banyak pantangannya untuk tidak digunakan bersamaan dengan ini dan itu. Lagi-lagi karena kandungan AHA, BHA dan PHA.

AHA, BHA dan PHA mempunyai aturan sendiri soal bahan-bahan apa saja they don't get along with. Seperti vitamin C, kalau sudah pakai chemical exfoliating berarti hindari dengan penggunaan serum vitamin C.
Hal ini karena bukannya bikin wajah jadi cerah, malah jadi zonk! Perhatikan bahan-bahan pada produk yang kita pakai bersamaan dengan chemical exfoliating.
Bahkan ada kasus seperti AHA, BHA dan PHA akan lebih baik dipakai saat malam hari dan tidak terpapar matahari. Banyak pantangan dan aturan yang harus diikuti.

Ada baiknya lakukan riset mendalam sebelum melakukan chemical exfoliating. Termasuk memilih produk yang tepat, bahan yang sesuai jenis kulit sam aturan dalam penggunaanya. Jadinya hasil lebih efektif.

Gue prefer kalian nonton video seputar masalah ini di channel Youtube Beauty Within atau di Skincare 101 di Female Daily Network. To get a bigger picture and not make a wrong move.

~
Your Sunday Pills
by ranilukman

2 comments :

  1. Aku jadi inget pengalamanku pas pertama kali coba exfoliating toner, takut banget karena banyak yang bilang bakalan purging. Tapi pas udah kenal, udah gak takut-takut amat😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa banget aku juga gituuu. Tapi harus rajin-rajin riset biar lebih aware aja :)

      Delete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills