SOCIAL MEDIA

Tips Tahan Banting Kerja di Startup

17/12/2019

Katanya kerja di startup itu melelahkan, harus kuat, dan harus siap menerima perubahan. Bukannya semua kerjaan seperti itu? Bukannya cari uang itu memang melelahkan, keras dan berubah-berubah? Bukan hanya startup. Hanya saja,  pace di startup akan lebih cepat dibanding kerjaan yang lain.

Emang iya?

Iya hehe. Gue udah kerja 2 kali, 1 di BUMN tapi proyekan, nah yang terakhir dan sampai sekarang ini di startup. Bahkan kerja di proyek pun engga secepat pace kerja di startup tempat gue sekarang dan ini gue rasakan sendiri ketika lewat 1 tahun di tempat kerja sekarang dan flashback bahwa kantor gue ini sudah berkembang cukup besar dan cepat.


Tulisan kali ini gue persembahkan untuk kalian para pekerja tangguh diluar sana yang sibuk mengais rejeki yang mungkin membutuhkan tulisan ini untuk tetap kuat!

Tips tahan banting kerja di startup, yang semuanya lebih cepat dari biasanya.

Be Open Minded

Bahkan hal ini bukan hanya lo butuhkan buat siap tahan banting di startup, tapi semua tempat kerja seperti itu. Namun di startup dengan proses yang begitu cepat, mengharuskan lo untuk melihat segala sesuatunya juga lebih besar dan lebih cepat, akan lebih mudah kalau lo adalah orang yang berpikiran terbuka dan luas.

Gue engga men-judge siapapun yang kerja selain di startup itu engga berpikiran terbuka, tapi dalam hal ingin bertahan lama di startup tersebut lo harus memahami nilai-nilai perusahaan tersebut, memahami budaya kerja dan lingkungan perusahaan tersebut dan mampu beradaptasi cepat dengan hal tersebut.

Sumber Gambar : Unsplash oleh Alex Kotliarskyi
Percaya deh sama gue, kalo lo anaknya ngga gampang menerima semua itu akan susah buat lo untuk bertahan. Bagaimanapun tujuannya adalah untuk membuat lo sendiri nyaman, dan dengan berpikiran terbuka, menerima berbagai hal dan beradaptasi adalah langkah awal lo akan bisa kuat kerja bukan hanya di startup tapi dimanapun.

Pertama kali yang gue lakukan ketika gue kerja adalah menerima semua hal yang gue terima, beberapa hal engga akan sesuai dengan nilai-nilai hidup gue dalam hal budaya kerja misalnya, tapi kalau mau bergerak maju justru hal-hal seperti itulah yang harus lo lakukan.

Jangan Baper!

Namanya juga kerja, setiap hari ada tugas dan tanggung jawab, begitu juga di startup. Hanya saja di startup pekerjaan ada di tengah-tengah hari dan harus selesai di hari itu juga. Hanya saja di startup pekerjaan ada di weekend dan harus selesai di hari senin. That's process, that's growth.

Sumber Gambar : Unsplash oleh Nesa by Makers
Kalau dikasih kerjaan dengan kondisi seperti itu lo dilarang baper. Kesel boleh, tapi udah deh keselnya 15 menit aja boleh, sisanya lo habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Karena kalau lo baper gue jamin itu akan jadi penyakit buat lo sampai seterusnya. Akhirnya ketika lo dikasih kerjaan lagi, lo akan gampang anggap remeh dan engga termotivasi. Ujung-ujungnya kerjaan engga kelar dan yang disalahin lo juga.

Yang harus diingat adalah kondisi ini engga akan terjadi seterusnya. Kalau udah keterusan dikasih kerjaan mendadak, saatnya mengkritik leader lo. Ingatkan dia kalau lo punya budaya kerja seperti apa, dan bagaimana baiknya menghadapi kondisi seperti itu. Dilarang dipendam sendiri pokoknya.

Cari Tempat Teraman

Yang satu ini menurut gue adalah tips tahan banting kerja di startup yang ampuh karena ini yang gue rasakan 1 tahun belakangan ini. Cari tempat teraman buat lo di perusahaan tersebut, bisa hobi dan bisa rekan kerja. Hal-hal inilah yang bisa menjadi tempat lo merasa aman dan nyaman.

Gue prefer cari rekan kerja yang bisa memotivasi satu sama lain dan engga toxic. Pintar-pintar pilih rekan kerja yang lo jadikan teman bukan hanya di kantor aja, mereka inilah yang akan mendengarkan keluh kesah kerjaan lo tanpa men-judge lo sama sekali. Bahkan mereka juga yang akan saling bertukar cerita dan pikiran.

Sumber Gambar : Unsplash oleh Bewakoof
Yang bikin gue betah kerja selama 1 tahun yang buat gue waktu yang lama adalah gue punya rekan kerja yang supportive, dan kind-hearted. We tend to share our private life story, share our thoughts, be silly dan engga ada batasan sama sekali apa posisi dan dari divisi apa lo. Gue udah stress kerja, banyak kerjaan, gue juga butuh dong manusia yang bisa gue ajak ngobrol dan cerita apa aja kan?

Find this dan gue jamin setengah masalah kerjaan lo kelar.

3 tips ini gue terapin di kehidupan kerja gue sehari-hari, gue sadar nih cari kerja itu engga gampang, bahkan banyak orang memperebutkan untuk mendapatkan kerjaan. Yang sudah punya kerjaan dan siapa tau lagi mikirin buat resign, coba baca lagi 3 poin di atas dan tanya ke diri sendiri semuanya udah lo lakukan belum?

~
Your Sunday Pills
by ranilukman



Post a Comment

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills