SOCIAL MEDIA

Belajar dari Event Indonesia Millenial Summit 2020

21/01/2020

Umur 24 ini udah mulai tertarik ikut acara-acara seminar yang pembicaraannya lebih kepada self development gitu, soalnya lagi dimasa diri ini membutuhkan ekstra motivasi. Selain itu, acara seperti ini jadi ajang menambah koneksi.

Pas banget dikasih tiket gratis dari kantor buat hadir ke acara Indonesia Millenial Summit 2020 yang diadakan oleh IDN Media. Namanya aja Millenial Summit, makanya topik dan pembicaranya pun yang relevan dan asik-asik. Pasti kalian kenal semua deh.


Tapi, gue engga mau membahas bagaimana proses acaranya. Gue lebih membahas apa yang sudah gue dapatkan, yang sudah gue pelajari dari acara tersebut.

Tujuan gue hadir ke Indonesia Millenial Summit adalah menjadi ajang mencari motivasi yang sudah perlahan luntur, apalagi topiknya kebanyakan membahas bagaimana menggali kemampuan diri sampai trend yang bisa membantu. Gue rasa ini jadi ajang belajar gratis untuk gue dan mungkin beberapa orang lainnya.

Sesi pertama yang gue tonton adalah Education 4.0 : Building Human Resources For The Future dengan pembicaranya Nadiem Makarim dan Iman Usman dari ruangguru.com. Apa yang gue pelajari dari sini? Merdeka Belajar.

Gue rasa ini visi Nadiem buat pendidikan Indonesia tapi gue benar-benar relate banget. Gue ngerasa proses belajar gue dulu bukan mempersiapkan gue menjadi gue yang sekarang, malah membuat gue ingin menjadi seperti orang lain yang malah bukan gue. Akhirnya apa, setelah proses belajar 12 tambah 4 tahun gue selesai, toh gue harus belajar sendiri untuk menjadikan diri gue seperti sekarang.

Gue ditempa untuk bisa Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA padahal gue pengen banget belajar alat musik dan karya seni.
Coba, dulu gue engga pernah ditanya "kamu maunya apa?" gue langsung disuapin "nih, kamu makan ini, ini dan itu" engga di rumah engga di sekolah.
Dari sesi ini gue belajar bahwa pendidikan gue dulu hebat ya bikin gue bertahan hidup sampai sekarang hanya karena gue engga mau kalah dan dicibir. Kalau dirasa dulu belajar kaya lagi digantung, kalau keselip sedikit bisa mati.


Sesi selanjutnya adalah Building Eastern Indonesia : No One Left Behind dengan pembicara petinggi BUMN seperti PT. Wijaya Karya, PT. Freeport, dan lain-lain. Pattern-nya adalah membahas infrastruktur di Indonesia Timur, karena menurut orang-orang, Indonesia Timur susah maju karena infrastruktur kurang.

Gue tertarik karena gue anak timur yang merantau, gue engga mau selamanya merantau, pengen dong gue pulang dan kerja aja di sana dan malah membangun di timur. Dari sesi ini gue belajar bahwa di Indoensia Timur mau maju itu infrastruktur harus bisa menyambungkan dengan semua daerah bagian di Indonesia. Agar distribusi apapun seperti sumber daya, pendidikan itu engga tertinggal makanya BUMN giat membangun di Timur, gue mau menjadi salah satu bagian dari hal tersebut namun bekerja di bidang gue.


Sesi selanjutnya yang gue tonton adalah Achieving Sustainable Development Goals : Lessons and Learnings dengan pembicara dari Danone, Indofood sama Prudential. Apalagi kalau berbicara bagaimana membangun namun tetap dengan keberlangsungan yang lama dengan impact pada lingkungan.

Gue cukup tertarik dengan Danone, bagaimana usaha Danone menjaga keberlangsungan lingkungan dengan tetap memproduksi produk yang terkenal dengan sampah plastiknya dimana-mana. Ternyata Danone sudah banyak melakukan usaha seperti punya bank sampah sendiri, memilah sampah sendiri, dan mendaur ulang sampah sendiri.

Cuma ini engga mau gue simpulkan jauh karena gue pun engga menyaksikan sampai habis, cuma ada beberapa poin yang bisa gue ambil.


Selanjutnya gue ikutan sesinya The Big Hit : How Do I Get There? ini dengan pembicara Baim Wong, Raden Rauf, Arief Muhammad dan dipimpin oleh moderator Reza Chandika. Penutup hari capek yang cukup menyenangkan.

Membahas menjadi content creator dengan konten yang targetted dan sesuai dengan passion lo. Di sesi ini sih belajar buat mengerti diri lo sendiri, memahami bahwa engga semua konten viral itu juga harus lo libatkan, dan benar-benar bikin konten yang lo banget.

Beberapa orang keluar dari ruangan tersebut dengan sikap percaya diri dan banyak ilmu.

Begitu juga gue.

~~
Your Sunday Pills
by ranilukman


4 comments :

  1. Thank you sharingnya mba Rani, kemarin saya mau dateng juga tapi bentrok sm jadwal kantor. Alhamdulillah jadi bisa tau reviewnya dari tulisan mba Rani. Sukses selalu, semoga 2020 kita semua lebih baik yaa :)

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills