SOCIAL MEDIA

Cerita Mahasiswa Tingkat Akhir : How does it goes for me?

14/03/2016

WOW!! I'm not write for 2 months I guess. My opening was always like this. Promise will write more content *finger crossed*



Udah bulan Maret nih, deadline Sidang dari pembimbing udah tinggal 2 bulan lagi. What a pressure. Gw mau berbagi cerita aja nih gimana dari awal gw mulai dapet Tugas Akhir 1 sampe udah setengah jalan beres Tugas Akhir 2. Perjalanan jadi mahasiswa semi tingkat akhir ke mahasiswa tingkat akhir itu penuh lika liku. Mulai dari milih mata kuliah, bidik dosen terbaik, meminang judul, sampe kedipin mata ke bakal calon temen sekelompok (kalo TA kalian memperbolehkan sekelompok, btw kampus Gw wajib sekelompok akakak). Jadi ........ How does it goes for me?

~
~
~
~

Awalnya gw masih santai banget udah di penghujung semester memasuki musim Tugas Akhir angkatan 2012, banyak temen-temen yang udah punya kelompok, punya judul (WOW!), mereka udah kebayang mau ngapain. Lah gue? masih nyantai nonton filem sambil makan oreo dan ngetem di kamar. Dan pada satu waktu ada temen cowok gw yang nanyain "Gimana ran, udah punya kelompok?" dan gue santai jawab "Gue belom kepikiran, masih galau mau topik TA nya apa". Moral Lessons : Try to get yourself together when it comes to "Tugas Akhir" dan jangan pernah mikir santai. Panjang lebar diskusi nanya-nanya, karena kebetulan temen gw ini pacarnya baru aja lulus jadi punya pengalaman yang lebih baik dari gw. Dan gw yakinlah dengan pilihan topik gw. Dan gw berhasil mendapatkan teman yang dijadikan "Pejuang" sampai 1 tahun gw beresin TA.


Tips gw buat kalian biar milih temen sekelompok nih.

1. Pilih temen cowok kalian. Temen cowok berguna buat bikin suasana lebih nyantai dan ga drama diantara cewek-cewek. Dan bisa diandelin buat frontline atau kalau ada penelitian ke luar lingkungan kampus wakakak.

2. Pilih temen yang deket deket ga deket. Nah loh? Maksudnya lo kenal sama dia, temenan, tapi ga sampe tidur bareng, mandi bareng (whew). Kenapa? TA itu ngebawa emosi dan tensi lo lebih tinggi. Apalagi kalo lo gampang marah, bisa jadi lo ga enakan sama dia dan jadinya korbanin perasaan sendiri.

3. Tapi, kalo lo lebih nyaman marahin temen yang udah deket deket banget sih that's ok.

4. Pilih temen yang rajin dan cepet mikirnya. Jangan yang lemot, manja, baper, dan gabisa dikerasin. Ini lagi TA, nasib dan masa depan lo tergantung juga sama temen-temen sekelompok lo.

5. Kalo udah klop, benerin juga diri sendiri jadi pribadi yang bisa diterima sama temen-temen lo. Dan berusaha lah jadi pemimpin walopun lo ga pernah mimpin. TA menuntut lo menjadi orang yang bisa ngambil keputusan cepat.

Oke, gw? Gw udah klop kok sama temen-temen sekelompok gw.

Dari sini, memasuki semester 7 kita udah mulai milih-milih mata kuliah sesuai topik TA kita. Gw sama temen-temen pun udah mantepin niat buat sekelas biar kalo ngumpul lebih gampang. Oke, fair enough. Kuliahlah semseter 7 seperti biasa. TERNYATA! Gw kira semester 7 kuliah ga bejibun, UTS ga bikin stress, ternyata, SKS masih 21 (kalo ga salah, udah agak lupa wakakak) dan masih ada UTS, masih ada kuliah setengah 7 pagi men! Well, Momen-momen nentuin judul nih ...

Gw lebih nyaman sama sesuatu yang udah gw nyamanin, bahasa gaulnya "comfort zone". Jadi gw pun milih topik dan judul yang udah cukup gw kuasai selama gw kuliah. Kita juga dapet objek penelitian TA dari dosen yang dijadiin pembimbing 2, Alhamdulillah. Sampai detik ini gw ga berhenti bersyukur karena sampai saat ini ga ada satupun jalan menuju dan selama TA yang gabisa gw lewatin.

Setelah kelompok mantap, judul klop, objek oke.
Gw mulai nulis ...



Gimana proses gw nulis TA dari Proposal - Perancangan? 


Di update next post yaaa ...

See you all, Xo!


1 comment :

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills