SOCIAL MEDIA

Talk & Rambling : Rasanya Magang di GoGirl! Magazine

06/11/2016

Hi, Awesome!

Selamat bulan November, btw. 2 bulan lagi langsung ke 2017 nih, (brb cek resolusi 2016). Hari ini Aku mau sharing pengalaman Magang 3 bulan di majalah favorit Aku, GoGirl! Magazine.  Semoga aja menghibur ya, dan siapa tau yang penasaran kan.

ikr there's no connection for the photo :p
Sebenernya bukan disebut magang yang magang banget sih. Soalnya setau Aku di GoGirl itu ada lagi magang yang 3 bulan yang full masuk kantor. Kalo aku disebutnya magangnya per-proyek which is buatin konten buat website sama instagram GoGirl!. Namanya Apprentice. Kalo magang umumnya GoGirl! namanya Internship di bidang tertentu. Boleh cek disini!

Gimana caranya kok Rani bisa magang? 

Beberapa bulan lalu Aku berkesempatan ikutan acara dari GoGirl! Magazine sama Clean & Clear Indonesia yaitu Cerita Kita Batch 3,

(Baca Juga : Event Cerita Kita Casting Call Batch 3)

Dari rangkaian acara Cerita Kita Aku juga dikasih kesempatan buat jadi salah satu Apprentice untuk bulan Agustus - Oktober. Di mentorin sama kak Metha, dan Alhamdulillah (sedih juga) selesai bulan Oktober kemaren.

Sebenernya beberapa bulan lalu juga GoGirl! sempet buka lowongan buat yang mau daftar jadi Apprentice, jadi kesempatannya terbuka buat umum. Makanya, pantengin terus Instagram GoGirl! yahhhh.

Terus disuruh ngapain aja?

Kaya yang aku sebutin sebelumnya, maganya per-proyek dan disuruh buat konten untuk website dan instagram. Jadi, tiap minggu selama 3 bulan kita bakalan disuruh buat 1 artikel + 5 pilihan konten instagram. Artikelnya pun dibuat sesuai bidang yang udah di plotin sebelumnya, kebetulan banget aku kebagian Beauty & Health. Penulisan artikel per minggu itu pressurenya ada banget, wong aku aja blog seminggu sekali jarang banget. Tapi karna komitmen sama pihak GoGirl! jadi harus profesional dong.

Alhamdulillah, aku ngga bolong setor artikel, dan telat kirim baru sekali (apa dua kali ya?). Kita juga dikasih deadline buat ngirim artikel tiap hari senin, jadi kita bisa liat artikel kita maupun konten instagram selama seminggu kedepan.

Selain buat artikel sama konten instagram selebihnya ngga ada lagi, mungkin harus pinter-pinter bagi waktu antara research, bikin artikel sama harus up-to-date, apalagi nyari 5 pilihan konten instagram yang harus beda-beda.

(Baca Yah! COBA LIAT, UDAH BENER BELOM CUCI MUKANYA)

Ini salah satu konten instagram yang aku buat.


Hm, kalo dipikir-pikir jadi salah satu Apprentice ada susah senengnya tapiiii banyakan senengnya!

1. Senengnya itu dapet fee. Kamu mungkin mikir "matre banget ya" ets jangan salah, jangan dikira duduk nulis itu ngga capek, malah lebih capek. Jadi ya pasti senenglah dapet fee :p

2. Senengnya itu dapet channel. "Channel apaan?" jaringan kenalan dan profesionalitas lebih. Pengalaman nambah, mayan kan bisa nambah pengalaman di CV.

3. Senengnya itu karyanya di apresiasi. Sumpah yang ini seneng banget! Ngeliat tulisan Aku di website dan Instagram sebesar GoGirl! Magazine itu rasanya puol banget!

4. Susahnya itu deadline. Tiap minggu Aku sendiri harus brainstorming, harus pinter research, sama harus pinter bagi waktu. Kadang deadline senin, aku baru nulis senin itu juga. jadinya ahrus ngirim artikel pas udah sore hari.

5. Susahnya itu nyari ide Instagram. Sumpah deh yang ini paling susah tapi menyenangkan (nah loh) tiap minggu harus nyari berita yang update seputar Beauty & Health, sumber research aku biasanya snapchat (tau kan ada brand discovery gitu -people, refinery, mtv, dll). Harus banget update dan menarik jadi orang-orang bakalan tertarik bacanya, dan ini pressure banget!

Tbh,

Aku ngerasa seneng dan bangga banget dapet kesempatan buat ikutan kontribusi di GoGirl! Magazine. Di majalah yang udah aku baca semenjak SMA sampe aku udah lulus kuliah juga masih addicted, jadi pasti ini tuh kaya "kehormatan" banget *ceelah.

Kalo ada yang tertarik buat gabung jadi Internship/Apprentice di GoGirl! Magazine, pantengin aja Instagramnya, selain dapet info update kamu juga bakalan dapet timeline IG yang ngga ngebosenin!

Bye, Awesome!

Keep in touch w/ me!

25 comments :

  1. Wah... Asyik pengalamannya. Saya juga punya impian melihat dapur redaksi dan merasakan duduk di meja redaksi. Hehehe... Go Girl terima tulisan dari penulis luar ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep semangat yaa, biar impiannya tercapai hihi
      Setau aku gogirl cuma buka kesempatan yang di hire langsung sama pihak gogirl, entah itu internship atau apprentice kaya aku. Kalo tulisan dari luar sih belum ada, cuma kalo kamu mau boleh banget dftr jadi intern di bagian reporter kebetulan lagi buka hihi

      Makasih yah udah mampir :)

      Delete
    2. setauku ada dari penulis luar contohnya Evita Nuh hehe cmiiw

      Delete
    3. Yups bener hehe tapi Evita Nuh itu salah satu blogger columnistnya nya gogirl, jadi termasuk kerjasama juga sih :)

      Delete
  2. Wah seru banget tempat magangnya di GoGirl! dapet fee pula. Jarang2 tempat magang nyari fee haha.

    ReplyDelete
  3. wah my dream internship job haha, kalau sekarang udah telat mau internship di gogirl sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bagian gogirl aja langsung, kebetulan lagi buka penerimaan hehe

      Delete
  4. Wah impianku waktu kuliah pengin magang di Gogirl! dan sampai sekaranh juga masih pingin sih jadi bagian dari Gogirl! hihi.. Seruuu cerita magangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat! Skrg juga gogirl lagi buka kesempatan kerja kok :)

      Delete
  5. Selamat ya mbak :)
    Bisa masuk ke majalah yg sejak dulu udah dibaca itu keren lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener! Ngga pernah nyangka dulu bisa ikutan kontribusi hehe

      Delete
  6. Keren bangeet Rani bisa magang di go girl! Aku dari sma udah baca majalah go girl tiap bulannya, tapi sekarang udah jarang sih. Kepengen juga nyobain magang disana karena tertarik kerja dengan suasana yang lebih fun hehe. Pasti berkesan banget ya, terutama bisa dapat linknya disana sih ya

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
  7. Senengnya dapet pengalaman baru. Sukses yaa

    ReplyDelete
  8. Pengalaman berharga...! di salah satu majalah terkenal lagi... keren. sulitnya bekerja itu ya ada deadline. Males deh kalo udah diburu waktu.

    rahmaediary.com

    ReplyDelete
  9. keren banget kak, parah bisa magang di perusahaan majalah!! aku garagara nonton she was pretty jadi kepengen kerja di kantor majalah atau fashion gitu deh.. Maybe nanti mendekati lulus mau nyoba nyoba :D

    ReplyDelete
  10. Menarik ya punya pengalaman magang di kantor majalah.
    terima kasih dan salam kenal Mbak

    ReplyDelete
  11. Keren! Pengen deh magang jg kaya kamu tapi aku procrastinator jd kerjanya biasanya mepet mepet deadline kan bahaya :'))
    Asyik jg ya kayanya, berarti kaya freelance gt ya gk usah masuk kantor?

    Sugarsweetcookies.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Beruntung banget mbak bisa magang di Go Girl, aku pengen banget kerja disana. pernah kirimin lamaran sampe 2x nggak ada panggilan juga. Kurang beruntung :D

    ReplyDelete
  13. go girl itu my dream office banget, dari awal mulanya ya karena aku pelanggan setia go girl dari sma sampe sekarang coba yang uda umur 24 taun begini. wkwkwk.
    dulu sempet kirim lamaran tp tak dipanggil tp gapapa lah dikasi yg gak kalah baik juga sekarang. cuma kerja di media gitu rasanya kayak hepi aja bawaannya.

    ReplyDelete
  14. haha semua orang kalau dapat fee pasti senang mbak ;) Seru ya mbak bisa magang di gogirl! Oh ya mbak, gogirl nerima tulisan dari pihak luar nggak?

    ReplyDelete
  15. ka rani seru bgttt.. Doakan aku menyusul hihihi

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  16. Ah aku baru ngeh kalo yang kepilih jadi contributor cerita kita pas casting call itu belum tentu bakal jadi GoGirl! Apprentice ya? Kirain tuh langsung jadi GoGirl! Apprentice juga, terus gimana seleksinya biar bisa jadi GoGirl! Apprentice? Makasih Raniiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu kepilih jadi Apprentice itu tiba-tiba banget tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dan pas aku tanya pihak GoGirl kenapa aku dipilih alasannya karena artikel yang aku buat itu "mengundang pembaca". Jadi saran aku, selama kamu jadi kontributor di cerita kita, pastiin artikel yang kamu buat itu bagus dan mengundang pageview. Insya Allah kepilih hehe

      Delete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills