SOCIAL MEDIA

Blogging Tips : Beauty Blogger Cari Ide

19/04/2017

Hi, Awesome! 

Ada yang mikir jadi Beauty Blogger itu gampang? Engga loh. Awal aku meniti karir menjadi Beauty Blogger aku paham prosesnya akan seperti apa. Menghasilkan satu artikel butuh berjuta-juta butir keringat. Postingan kali ini aku mau bagi tips yang selama ini aku pakai untuk "mempermudah" pekerjaan seorang Beauty Blogger.

Source : @umyeahthanks_
Sebelum aku lanjut, aku mau bilang kalau aku bukan professional blogger. Aku cuma blogger kemarin sore yang belajar seiring prosesnya. Dari belajar itu aku coba buat merangkum poin-poin penting yang mungkin membantu kalian. Feel free buat komen atau kritik in case dalam tips aku ada yang menyimpang atau ngga sejalan, let's discuss together.

Jadi Beauty Blogger itu susah susah gampang. Susah kalau kalian males belajar, gampang kalau kalian sudah terbiasa. Aku dalam fase abu-abu, kadang susah kadang gampang. Tapi seiring proses ada satu hal yang aku pelajari, bagaimana mengembangkan ide biar pembaca aku ngga bosen. 

Aku yakin, kalian pas liat blog aku kalian mikir "dia ini beauty blogger bukan sih?" , "beauty blogger kok ada tips blogging?" Percayalah, ini usaha aku biar kalian dan ngga bosen terutama biar aku ngga cepet gila. 


Iya, ngga cepet gila. Persaingan di dunia blogging itu cukup dinamis. Telat dikit, kalian bisa ketinggalan jauh. Makanya harus bisa keep up, cara aku keep up adalah dengan menghasilkan artikel seminggu 2 kali bahkan bisa 3 kali tergantung aku lagi cape apa engga. Belum lagi susahnya menghasilkan artikel adalah "gue harus nulis apa hari ini?"

Giphy
That's how I feel. Harus bergerak bersamaan dengan aku juga harus lincah, jangan mau ketinggalan. Makanya brainstorming tiap hari buat aku itu penting. Tapi yang namanya brainstorming ide itu susah susah gampang juga, apalagi buat beauty blogger yang lingkup artikel hanya berbicara seputar beauty. 

Aku punya beberapa tips yang bisa kalian ikuti, kalau kalian kesulitan brainstorming a.k.a cari ide untuk artikel blog kalian. 

1. Get Out.

Keluarlah. Seorang blogger, walaupun tugas dia ngetik doang tapi untuk mendapatkan ide yang baru dan segar dia harus sering-sering keluar. Even beauty blogger. Mengamati lingkungan sekitar, kalian bisa dapet 1-2 artikel untuk ditulis. Contoh, kalian mengamati trend makeup anak muda dan hal ini bisa kalian jadikan topik artikel kan? Atau, kalian mengamati bagaimana perempuan di toilet selalu touch up, bisa kan jadi bahan artikel kalian? 

Se simpel itu. 

2. Join the Community


Biasanya komunitas Beauty Blogger selalu punya info update masalah latest beauty trend. Mereka membahasnya cepa, banyak tanggapan, ada yang sampe berdebat dan bisa banget bahan ini kamu angkat sebagai topik artikel kamu. Contohnya, sekarang nih lagi trend sponge holder itu kan, dan beberapa blogger punya tanggapan sendiri tentang inovasi produk tersebut, dan bisa kamu jadikan bahan riset artikel kamu. Iya, blogging juga butuh riset. 

Karena beauty blogger artikelnya ngga melulu review *padahal aku juga review terus -_-*

Selain itu, melalu komunitas kamu bisa dapet partner buat collab artikel bareng bahkan kegiatan-kegiatan seru lainnya, contohnya kaya BEAUTIESQUAD

Gabung yuk ah.

3. Be Aware

Kamu ngga hanya mengandalkan komunitas sebagai ladang info loh, kamu juga harus aware sama keadaan sekitar. Apa sih yang lagi jadi bahan omongan, yang lagi hype banget. Salah satu caranya bisa dengan mulai follow akun-akun related kaya brand makeup, beauty influencer, atau majalah-majalah kekinian di Instagram. Karena biasanya akun-akun tersebut selalu update info terbaru. Contohnya nih, brand A mau launch produk baru yang dikasih hint duluan adalah follower Instagram mereka which is you

4. Keep Notes

Tekniknya sih kalo kamu expert kamu cuma hanya mengingat dan langsung dituangkan di artikel. Tapi kalau kamu kebanyakan konsumsi micin like me, kamu butuh notes. Notes, Agenda, Binder anything name it. Sesuatu yang bisa digunakan untuk mencatat ide-ide kamu. Aku anaknya old school, aku lebih suka nulis di buku daripada di smartphone soalnya kalau di buku bisa aku corat coret sesuka hati.

Setiap ada ide baru, selalu aku catat. Setiap ada hasil riset atau hasil penggunaan produk selalu aku catat, setiap mau nulis artikel baru pun selalu aku coret coret dulu. 

Giphy
Bahkan sekarang sebelum aku nulis aku harus buat mind map dulu, seperti apa alur penulisannya dan poin-poin apa yang harus aku masukin. Untuk kalian yang sering makan micin mungkin kalian bisa juga nerapin metode ini. It works for me. 

Diantara 4 tips ini, adakah diantara kalian yang menerapkannya? Sejauh ini aku selalu dimudahkan nulis artikelnya, kecuali kalo akunya males-malesan yaa ini sih faktor dalem sebenarnya. 

Semoga 4 tips Cari Ide ala Beauty Blogger ini bisa membantu kalian ya biar lebih semangat blogging nya dan belajar sama-sama ya kita. Kalau kalian punya tips lainnya feel free to share di comment box lohhh <3

~~

see you in another post
keep in touch w/ me!
nurbaitirani@gmail.com

3 comments :

  1. Samaaa aku lagi di fase abu abu huff, samaa juga aku anak mindmaping, samaaa aku juga anak beautiesquad, hahahha *nyamanyamain


    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
  2. yang terakhir tuh aku banget hahaha harus banget ditulis xD

    aidacht.com

    ReplyDelete
  3. Iya, aku anaknya suka micin. Iya, aku anak beautiesquad. Iya, apa lagi?
    Tips lagi nih ya, pake idea generator.

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills