SOCIAL MEDIA

Tips Menerapkan SEO untuk Beauty Blog

09/09/2017

Hi, Awesome!

Beberapa waktu lalu komunitas BEAUTIESQUAD mengadakan kelas online yaitu Ngopi Cantik bareng Shintaries (www.shintaries.com) ini Ngopi Cantik ke-2 yang sudah diadakan oleh BEAUTIESQUAD dan alhamdulillah banget tema kali ini SEO (Search Engine Optimization). Beruntung banget secara gratis mba Shintaries mau membagi ilmu SEOnya buat kita Beauty Blogger.

cr : Pixabay
Kali ini aku juga mau ikutan berbagi sedikit ilmu dari mbak Shintaries mengenai SEO terutama bagaimana mengaplikasikan SEO untuk Beauty Blog. Ngga dipungkiri memang, tujuan kita nge-blog adalah agar tulisan dapat dibaca dan bermanfaat. Tapi agar tulisan dapat dibaca itu ada hal-hal yang harus dilewati terutama bagaimana caranya agar tulisan kita dapat dibaca oleh banyak orang.

Untuk Beauty Blog sendiri kemudahannya mengaplikasikan SEO adalah sudah terkonsepnya blog yang kita punya. Alias, nichenya sudah jelas yaitu Beauty/Kecantikan. Ya, isinya tentang kecantikan aja. Bukan tentang kuliner atau fashion. Berbeda jika kita punya blog tentang lifestyle, karena lingkup lifestyle sendiri cukup luas untuk dapat dikonsep.

Niche seperti kuliner, fashion, parenting dan beauty itu lebih gampang untuk di-SEO-kan karena ya tadi konsepnya sudah jelas akan seperti apa.

Sebelum aku berbagi bagaimana mengaplikasikan SEO untuk Beauty Blog, mending aku bagi sedikit apa itu SEO dan dasar-dasar pentingnya seperti apa.  

Apa itu SEO?

Aku rasa info terkait SEO sekarang udah sangat muda dicari di Google, karena sekarang semua rang ingin belajar SEO. SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari adalah sebuat metode atau tools yang digunakan untuk bagaimana agar tulisan di blog kita dapat di optimasi untuk dibaca mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud adalah Google atau bisa juga Yahoo, bing dan lain sebagainya.

cr : Pixabay
Bahasa simplenya, SEO akan membuat postingan blog kalian muncul di Halaman 1 Google.


Caranya,  ada 5 elemen penting dalam SEO yang harus diperhatikan kalau mau blog kita lebih terindeks di halaman pertama Google. Ada Blog Authority, Content, Fast Loading Template, Mobile Site dan Backlink.

Blog Authority untuk mengisi data blog kita. Tujuannya biar google memprioritaskan akun kita karena bersifat bukan anonim. Kalian pasti tau Blog Authority dengan nama DA (Domain Authority). Nah, kalau penasaran boleh isi data blog kalian di https://aboutme.google.com

Content yang dimaksud adalah yang bersifat original yang tidak di copy paste dari blog lain termasuk juga gambar dan video dalam blog kita.

Fast Loading Template juga penting nih. Google lebih mempriotitaskan blog yang lebih cepat di load. Termasuk ornament dalam blog seperti music, gambar. Gambar juga lebih baik maksimal berukuran 300kb dengan 600pixel.

Mobile Site juga ngga kalah penting looooh. Karena sekarang jamannya sebua serba mobile access, baiknya template dan tampilan blog juga harus mobile responsive alis ngga berat dan ngga lama lading templatenya. Google mementingkan ini juga ternyata.

Backlink ternyata menjadi poin kesuksesan SEO diterapkan di blog.  Semakin banyak backlink kalian, makan semakin besar posisi kalian di mesin pencari dan semakin tinggi pula nilai DA (Domain Authority) kalian. Jadi menurut mba Shintaries, SEO adalah Backlink.

Kenapa sih SEO penting?

Kalau ingin blog lebih dikenal, dibaca dan bermanfaat ya SEO penting banget. Tapi kalau blog kalian hanya sebagai tempat curhat, kalian boleh skip baca ini.

Untuk beauty blog kenapa SEO penting? Mau ngga tulisan kalian dikenal Google dan menjadi sumber para perempuan mencari berita kecantikan terkini? Kalau iya jawabannya kalian harus mulai mementingkan SEO untuk blog kalian.

Cr : Pixabay
Apa aja dong yang harus dilakukan?

Sebagai seorang beauty blogger yang mempunyai blog, cara menerapkan SEO untuk beauty blog sangatlah gampang.

TEMA UTAMA (NICHE)

Tentukan niche. Jika memang beauty, pastikan di postingan blog kalian hanya tentang beauty. Hindari niche yang campur aduk, yang ada fashion OOTdnya atau yanga da review restoran enak. Pastikan hanya beauty aja. Beauty pun bervariasi. Kalian bisa memilih hanya review produk saja, atau makeup tutorial saja ataukah hanya tips kecantikan saja. Tapi jika ingin semuanya, boleh kok. Asal terjadwal dan dilabeli dengan rapih.

RUTIN NGEPOST

SEO untuk beauty blog pun  melingkupi rajin ngepost. Menurut mba Shintaries, kalau bisa sehari sekali di updatenya. Tapii, memang sebagai beauty blogger melakukan update blog sehari sekali cukup bikin puyeng. Apalagi kalau jenis postingan seperti review produk, karena membutuhkan waktu paling cepat seminggu. Tipsnya adalah lakukan update dengan cara konsisten pada hari publish post. Jadi jadwal publish hari Rabu, Jumat dan Minggu maka pada minggu seterusnya harinya tetap Rabu, Jumat dan Minggu.

KEYWORD PADA JUDUL

Yang penting lainnya adalah penempatan keyword pada judul postingan. Untuk beauty blogger, ini terbilang cukup mudah. Karena keywordnya yang juga cukup mudah. Kalau kalian bingung keywordnya apa, bisa loh mencari tren keyword menggunakan google adwords. Menurut mba shintaries, misalnya yang mau review adalah brand maskara, maka judulnya bisa seperti “Seharian Memakai nama brand maskara Ternyata Tetap Oke Banget. Selamat mencoba!


META DESKRIPSI

Kalian sering liat ngga postingan yang muncul di halaman pertama google lalu ada kata-kata dibawahnya ada yang di bold? Itu namanya Meta Deksripsi. Menurut mba shintaries, ini juga penting. Karena pada saat orang melihat ringkasan postingan kita di halaman google, yang menentukan mereka akan tertarik untuk membaca lebih lanjut adalah meta deksripsi. Jadi pastikan, ringkasan postingan kalian menarik dan mengandung keyword.




Caranya, di body postingan sebelum di pubish sebelah kana nada search description? Masukkan ringkasan postingan kalian disitu yah. Ini untuk blogspost aja. Kalau wordpress ada pluginnya lagi.


BACKLINK

Sebagai beauty blogger, untuk penerapan SEO di blog pun membutukan SEO. Menurut mba shintaries, SEO adalah backlink. Backlink yang diutamakan terutama oleh brand adalah backlink offsite, caranya? BLOGWALKING. Karena dari Baklink akan menambah Domain Authority.

Itulah 5 cara utama untuk menerapkan SEO untuk beauty blog. Ada juga cara-cara mini lainnya seperti Jumlah kata yang sekarang dinaikkan menjadi 800-1000 kata oleh google agar lebih terindeks. Ada juga mengupload gambar dengan di rename terlebih dahulu agar mengandung keyword. Iya, ini juga penting loh.

Dan sebagai beauty blogger, sudah seharusnya kita mikirin SEO untuk blog kita juga. Agar bukan hanya bermanfaat untuk kita saja tapi juga untuk orang banyak.

Oiya, adalagi yang disebut oleh mba Shintaries. SEO jika berjalan di blog kalian baiknya dibarengi dengan branding blog kalian juga. Jadi selain blog kalian dikenal, kalian sebagai author dan blognya pun turut dikenal. Branding untuk apa? Untuk mencari pundi-pundi rejeki dari ngeblog.

Alhamdulillah topik SEO menyadarkan aku untuk memperbaiki konten blog, dan lebih memerhatikan kualitas tulisan pula.

Semoga kalian tersinpirasi dan segera memikirkan SEO untuk blog kalian yaa. Mari sama-sama maju sebagai beauty blogger. UYE!

~~
see you in another post!

keep in touch w/ me!
nurbaitirani@gmail.com

3 comments :

  1. Salah fokus, header barunya cakep rann

    ReplyDelete
  2. Thank you rani
    bermanfaat banget tipsnya ^^

    talkingwithbeki.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills