SOCIAL MEDIA

Istilah Kecantikan (makeup & skincare) untuk Pemula

14/05/2018

Hi, Awesome!

Pernah engga sih sebagai yang ingin tau tentang skincare dan makeup, tanya ke temen kita yang beauty enthusiast/blogger/vlogger alih-alih dapet informasi kita malah kebingungan karena doi pakai istilah yang baru banget? Atau ada yang nanya ke kalian terus dia malah nanya balik, "exfoliating apaan cuy?" Aku pernah.


Ini karena beberapa dari teman kita tergolong baru di dunia kecantikan ini. Yang mereka tau hanya dasar-dasar atau ilmunya saja, sedangkan istilah-istilah yang biasa beauty enthusiast lebih paham ini masih awam banget buat mereka.

Nah, kalian yang baca tulisan ini mungkin igin mencari tau, mendalami dan mempelajari istilah-istilah dalam dunia kecantikan kan? Disini aku rangkum dari A-Z (walaupun engga ketemu semua) dan aku isi sebanyak mungkin.

Selamat membaca!

A-
Acne-prone : Adalah kondisi kulit yang cenderung berjerawat. Dispesifikasikan untuk menggambarkan kondisi kulit. Cenderung terdapat untuk yang memiliki kulit berminyak.

Acids : Asam, yang terdapat dalam skincare. Berupa komposisi bahan yang lebih dikenal dengan sebutan AHA, BHA atau PHA.

B-
Baking : Proses dalam bermakeup. Salah satu proses dimana bedak tabur di aplikasikan di (biasanya) area bawah mata, T-Zone, dan area untuk highlight. Cenderung diaplikasikan juga diatas penggunaan concealer. Bertujuan untuk membuat concealer tidak cepat hilang.

Blinding : Kondisi untuk menggambarkan penggunaan highlight yang berlebihan sehingga menyebabkan silau yang bermakna membutakan/blinding.

Breakout : Kondisi kulit yang cenderung terjadi jika seseorang mengalami ketidakcocokan atas suatu produk atau karena kondisi hormon. Breakout juga dikenal dengan istilah Bruntusan.

C-
Cakey : Kondisi wajah ketika diaplikasikan Foundation setelah beberapa jam dan foundation terlihat menggumpal di beberapa area wajah dan terlihat seperti foundation tidak menyatu dengan kulit wajah.

Complexion  : Bagian wajah yang dimakeup berupa area keseluruhan wajah. Biasanya diikuti dengan pengaplikasian produk berupa Foundation, Concelaer dan Powder dan produk yang dispesfikasi untuk wajah.

Creasing : Kondisi dimana produk makeup pada wajah retak dan memperlihatkan garis-garis halus wajah. Cenderung terjadi untuk produk seperti concealer jika produk tidak sesuai dengan kondisi wajah atau penggunaan yang salah (tidak melakukan baking).

Comedogenic : Istilah yang digunakan umumnya pada produk yang dalam penggunaannya dapat menyebabkan timbulnya komedo.

D-
Damp : Istilah yang digunakan seseorang untuk menggambarkan kondisi beauty sponge yang sudah dibasahi untuk digunakan mengaplikasikan produk pada wajah.

Dewy : Salah satu kondisi atau hasil dari pengaplikasian makeup yang terlihat lebih licin, cerah dan sehat.

Double Cleansing : Proses membersihkan wajah selama 2 kali yaitu dengan menggunakan cleansing balm/micellar water/cleansing oil dan disusul dengan penggunaan facial wash.

E-
Exfoliating : Proses dalam perawatan kulit/skincare dimana kulit akan diangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan maupun pori-pori wajah.

Essential Oil : Merupakan minyak yang terdapat wangi yang berasal dari tumbuhan/tanaman yang diproses secara alami.

F-
Flawless : Kondisi kulit yang digambarkan ketika setelah bermakeup dan wajah terlihat bersih, halus dan tanpa noda di wajah.

Falsies : Sebutan singkat untuk false eyelash atau bulu mata palsu

G-
Glowing : Kondisi wajah setelah bermakeup yang terlihat seperti kulit dewy namun terlihat lebih cerah dan bersinar seperti sedang menggunakan higlight.

H-
Hooded eyes : Jenis kelopak mata yang tidak terlalu terlihat saat kondisi mata sedang terbuka.

Hit Pan : Kondisi saat beberapa produk makeup seperti eyeshadow, powder atau blush on sudah habis atau sudah terlihat bagian dasar wadah produk.

Haul : Istilah saat seseorang berbelanja produk/barang dalam jumlah tertentu.

L-
Lash Lifting : Proses pelentikan bulu mata namun dengan tidak menggunakan maskara atau penjepit bulu mata.

M-
Multimask : Istilah dalam perawatan kulit/skincare saat seseorang menggunakan lebih dari 1 masker dalam 1 kali waktu.

Mineral Oil : merupakan salah satu ingredient yang cukup sering ditemukan dalam produk kecantikan. Berupa minyak yang dikenald engan minyak bumi yang merupakan turunan petroleum. Mineral Oil tidak berbau, berwarna dan dapat disimpan dalam waktu lama.

O-
Oxidize : Kondisi dimana produk tertentu berubah warnanya lebih gelap ketika diaplikasikan beberapa jam di wajah. Biasanya terjadi pada Foundtaion, ataupun Lipstick.

On Fleek : Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan alis yang tergambar dan terbentuk sempurna.

P-
Patchy : Kondisi ketika wajah diaplikasikan produk seperti foundation atau lipstick namun tidak menyatu sempurna dan terlihat tidak menutup dengan sempurna. Hal ini cenderung digambarkan saat kondisi kulit sesorang sedang kering.

Peeling : Proses dalam perawatan kulit/skincare saat kulit wajah dalam penggunaan masker yang dapat dikupas dari wajah.

R-
Redness : Kondisi wajah yang pada beberapa area terdapat bekas kemerahan. Biasanya yang cenderung memiliki kondisi kulit sensitif.

Retouch : Proses dimana seseorang melakukan pengaplikasian kembali makeup selang beberapa jam pengaplikasian pertama.

T-
T-Zone : Area pada wajah meliputi Jidat, dan Hidung

Tightline : Area bagian atas dalam mata tempat bertumbuhnya bulu mata.

U-
Undertone : Adalah warna pada bagian bawah permukaan wajah. Dapat menggamabrkan skintone seseorang serta shades foundation yang cocok.

W-
Whiteheads : merupakan bentuk jerawat yang kecil, berbentuk bulat dan dapat berupa gundukan kecil di permukaan wajah.

Semoga beberapa istilah kecantikan diatas dapat membantut teman-teman yang masih pemula dalam dunia kecantikan, jadi ketika dapat saran dari teman yang beauty enthusiast engga akan bingung lagi artinya apa.

Kalau teman-teman beauty blogger punya istilah kecantikan lain lagi yang belum ada di atas, boleh loh berpartisipasi dengan kasih tau di komen jadi siapapun bisa tau.

Yuk mari berbagi hal-hal kecil.

~~
see you in another post!
 
keep in touch w/ me!
nurbaitirani@gmail.com

7 comments :

  1. Berguna banget ini untuk yg baru di dunia kecantikan.hehehe

    ReplyDelete
  2. Mungkin bisa ditambah
    Skin tone : warna kulit yang nampak langsung kasat mata (ex : kuning langsat, sawo matang) Trs teknik makeup kayak
    Contouring :teknik makeup untuk memperjelas garis wajah dan memberi efek bayangan
    Strobing : teknik mengaplikasikan highlighter pada bagian wajah yang menonjol dan terkena cahaya
    Color correcting : teknik untuk menetralkan ketidaksempurnaan kulit dengan menggunakan concealer berwarna hijau, orange, ungu, kuning.

    CMIIW, semoga bisa nambahin listnyaa :D

    kaniarda.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Thank you infonya! Aku jadi tau istilah blinding hehe ^^

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya kak, ternyata istilah tentang dunia kecantikan banyak juga ya. Bermanfaat banget nih untuk aku. Nice info mbak.

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills