SOCIAL MEDIA

Alasan Kenapa Re-Branding itu Penting

09/12/2019

Karena udah sampai sini, gimana kalau Kita ngomonging re-branding! Ada alasan kenapa re-branding itu penting untuk keberlangsungan brand Kalian kedepannya.


Sampai di postingan ini mungkin beberapa dari Kalian tau kalau Gue sekarang udah re-branding blog Gue dari www.ranilukman.com menjadi www.yoursundaypills.com. What a roller coaster journey!


Kenapa Gue memutuskan untuk re-brand?


Jujur Gue bosen banget dengan gaya menulis Gue dan bosen dengan rutinitas yang itu-itu aja. Kalau engga review, ngasih tips ala-ala dengan gaya tulisan yang kalau bisa engga akan jadi pilihan pertama bacaan Gue. Karena udah eneg sendiri. Gue ngerasa engga ada yang bisa Gue improve dari tulisan Gue sendiri karena ngerasa ini yang terjadi di circle Gue, kalau kaya gini terus ya Gue sendiri engga akan bisa berkembang dan so mediocre.

Kebanyakan circle di komunitas Gue seperti ini, iya dong Gue ingin maju, tapi karena Gue pun anaknya pemalas jadi engga akan bisa bersaing. Gue perlu memotivasi diri Gue sendiri dengan cara yang paling mudah dan impactful buat Gue.

Mungkin pasti pada mikir "loh emang ganti re-brand bisa bikin lo rajin nulis?"

Engga ngejamin dong beb. Gue bisa aja dalam 1 atau 2 bulan nanti akan jadi perempuan pemalas lagi. Tapi Gue juga butuh starting point yang bisa mengingatkan Gue kalau :
a. Gue udah ngeluarin banyak duit
b. Gue udah capek-capek ngurusin
c. Gue mulai dari 0 nih.
Masa ketiga hal di atas sudah Gue lakukan tapi ujung-ujungnya bail out? Ini engga Gue rasakan dan Gue terapin di kali pertama Gue ngeblog, karena Gue engga punya sense of belonging, Gue cuma FOMO.

Gue sendiri pun anaknya gampang terinspirasi tapi susah termotivasi. Yaudah Gue ingin seperti kebanyakan orang tapi Gue so little effort. Kali ini Gue terinspirasi dari sering research untuk kerjaan, banyak banget blog-blog yang Gue baca-baca dengan tulisan yang cantik-cantik. Lalu Gue pun jadi teringat blog Gue yang terbengkalai.

Belum. Gue masih terinspirasi.

Belum termotivasi. Di poin ini pun, rebrand adalah ide terbaik untuk memotivasi Gue nulis lagi, dan berbagi hal-hal yang Gue sukai lagi. Cheesy ya.

Dari sudut pandang Gue, ini 3 hal kenapa re-brand itu penting!


Memotivasi Diri Sendiri.


Re-brand itu penting saat beberapa cara sudah Gue dan Lo lakukan untuk mengembalikan motivasi diri. Udah minta wejangan dari teman-teman, udah ikut kelas motivasi, udah diterjang badai ini itu tapi masih batu aja? Mungkin Lo juga harus mencoba re-brand.

Re-brand bukan hanya bisa Lo lakukan untuk blog misalnya, tapi juga branding persona. Ngerasa mungkin dengan melakukan banyak hal kok engga naik jabatan ya? kok engga dipromosiin bos ya?
Gue sendiri menjadikan re-brand alasan untuk gampang termotivasi. Ini Gue, bisa aja Lo engga seperti itu.
Tapi, no harm to try.

Lo Bedanya Apa dengan Yang Lain.


Keputusan Gue kali ini didasari bahwa sudah terlalu banyak blog yang seperti Gue, dan Gue engga terlihat standout.
Of course re-brand dosent differentiate me neither, but at least my chances are bigger.
Gue akan tetap menulis seperti dulu, namun dari style, pemilihan topik, dan bagaimana Gue menulis akan berbeda. Gue punya ide ini di kepala Gue sejak Gue sering research kerjaan, kebanyakan blog yang Gue temui punya gaya menulis yang berbeda walaupun topik yang ditulis sejenis, yaitu resep makanan.

Re-brand kuncinya adalah bagaimana Lo menemukan gaya Lo sendiri yang bisa menjelaskan Lo bedanya apa dengan yang lain.

Kita Harus Beradaptasi


Memang jawaban dari mudah beradaptasi engga sepenuhnya dengan re-brand. Tapi kebanyakan dari itu adalah re-brand. Take a look at Gojek, harus ganti logo, dan brand style karena tujuan mereka bukan hanya sekedar antar jemput pelanggan, tapi udah lebih dari itu.
Brand kita berkembang seiring jaman berkembang. Audiens baru, pasar baru, masa servisnya lama?
Blog pun berkembang, sampai saat ini Gue yakin persentasi orang yang gemar membaca sangat sedikit. Pasti sebagian besar memilih lebih baik menonton Youtube, nyari review produk pasti perginya ke Youtube. Visual memang lebih banyak peminatnya. Gue pun harus bisa beradaptasi dengan hal ini.

Lalu kenapa Gue engga memilih Youtube aja?

Menulis masih jadi hal favorit yang ingin Gue lakukan. Iya Gue juga seneng kok ngomong sendiri depan kamera, tapi Nulis tetap stress release yang Gue pilih pertama aja.

Namun yang harus Gue lakukan adalah menyajikan tulisan Gue yang engga akan bikin Lo semua bosen dan bisa balik lagi. Ini pun Gue masih belajar kok, dan Gue akan terus beradaptasi seiring Gue belajar ini.

Itulah 3 Alasan kenapa re-branding itu penting (buat Gue) yaitu jadi media membangkitkan motivasi lo, membedakan Lo dari kebanyakan orang, dan kebutuhan beradaptasi dengan jaman.
Dan itulah alasan kenapa Gue menjadikan www.ranilukman.com menjadi www.yoursundaypills.com

~
Your Sunday Pills
by ranilukman

3 comments :

  1. Hai Rani, setelah membaca tulisan kamu beberapa paragraf aku mulai ikut terjun ke dalam pemikiran kamu dan teringat akan kata "monoton". Aku setuju bahwa sekarang ini "sudah terlalu banyak blog seperti gue", in fact aku pun juga merasa demikian, termasuk juga dengan gaya bahasa. We need something different to be fresh. Di penghujung tahun ini, aku juga sedang mempersiapkan beberapa hal untuk bisa keluar ke zona "itu-itu aja" dengan caraku sendiri. Good luck ya dengan yoursundaypills. :)

    Let's spread knowledge with love,
    www.nadiahasyir.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good luck to you yo Nadia! Yuk jadi lebih beda dari yang lain tapi tetap menjaga kualitas tulisan dan profesionalitas :)

      Delete
  2. Aku juga rebranding tahun lalu karena domain lama tiba-tiba nggak bisa perpanjang dan akhirnya memilih rebranding diseragamkan namanya dengan semua akun socmed. Setuju banget kalau blog yg sudah terlalu banyak dan mainstream dengan satu niche aja. Rasanya kurang humanis aja sih, sebagai silent reader kadang banyak tulisan pemikiran dari blog seperti ini yang bisa menginspirasi dan mengingatkan ke hal yang positif buat hidup.
    Sukses ya Rani dengan re-brandingnya ^^

    ReplyDelete

Hi Awesome! You can comment as nice and as much as you want, just please don't include active link ;)

Instagram @yoursundaypills